6 Olahraga yang Wajib Dicoba Bagi Anda yang Ingin Mendaki ke Puncak Gunung

Pendakian ke puncak gunung memang membutuhkan persiapan yang benar-benar matang. Bukan hanya sekedar bermodal tekat, namun secara fisik pun harus benar-benar dipersiapkan terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pendakian, seperti kaki kram, cepat lelah, sesak nafas, dan lain-lain. Selain itu, anda juga harus benar-benar memiliki mental yang kuat. Jika anda belum memiliki persiapan mental dan fisik, lebih baik persiapkan terlebih dahulu demi keselamatan anda.

Selain topografinya, ada juga faktor yang harus anda perhatikan, yaitu faktor alam. Faktor alam tidak bisa kita prediksi dengan jelas dan bisa menyebabkan kita kelelahan. Perlu anda ketahui, kelelahan pada saat pendakian bisa mengakibatkan fatal bagi para pendaki, karena oksigen dalam tubuh berkurang secara drastis. Apalagi pada saat pendakian, jalannya dipenuhi dengan pasir debu yang mudah berterbangan. Jika kita tidak mempersiapkan secara matang, pernafasan kita akan mudah terganggu saat pendakian.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pendakian, Persiapan matang baik mental maupun fisik itu wajib anda perhatikan, terutama persiapan fisik anda. Jauh-jauh hari sebelum pendakian, anda harus sudah melakukan pelatihan fisik dengan benar, agar dapat mengurangi resiko cidera ataupun yang lainnya pada saat perjalanan ke puncak. Anda bisa melatih fisik anda dengan olahraga sederhana namun dilakukan secara rutin. Dengan tujuan agar anda terbiasa dan tidak merasa terlalu berat saat perjalanan. Adapun olahraga yang bisa anda lakukan sebelum mendaki gunung adalah sebagai berikut:
6 Olahraga yang Wajib Dicoba Bagi Anda yang Ingin Mendaki ke Puncak Gunung

1. Joging secara rutin

Joging ini sangat perlu anda lakukan sebelum terjun ke medan pendakian. Joging adalah olahraga lari-lari kecil dengan kecepatan konsisten. Joging bertujuan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Karena pendakian gunung membutuhkan endurance yang tinggi lantaran perjalanannya yang jauh dan membutuhkan waktu berjam-jam. Anda bisa mempersiapkan ketahanan fisik anda dengan melakukan joging secara rutin, yaitu 2 minggu sebelum pendakian. Anda juga harus ingat, jangan memaksakan diri ketika latihan seperti joging, agar anda tidak jatuh sakit sebelum pendakian tiba.

2. Angkat berat (Weight Lifting) sederhana

Ketika pendakian, tentunya anda tidak akan membawa barang-barang yang sedikit. Angkat berat bisa melatih kekuatan fisik tubuh anda dan mengurangi siksaan berat saat membawa tas keril. Tidak perlu angkat besi yang beratnya berkilo-kilo gram, anda cukup latihan angkat berat yang sederhana dan tidak terlalu berat, namun dilakukan secara rutin. Hal ini bertujuan agar anda terbiasa membawa barang-barang berat saat pendakian. Jika anda kurang suka dengan olehraga ini, anda bisa melaukan joging dengan meletakkan beban yang bertumpu pada tubuh atau punggung anda.

3. Lakukan yoga

Supaya fleksibilitas tubuh anda tetap terjaga, lakukanlah yoga secara rutin sebelum pendakian. Yoga dapat meminimallisir resiko anda terkena kram dan juga tubuh kaku pada saat pendakian. Gerakan yoga dapat meregangkan otot yang tegang. Regangan ini bertujuan agar anda tidak mudah cedera saat pendakian berlangsung. Selain itu, yoga juga dapat melatih ketenangan pikiran dan juga perasaan. Sehingga ketika pendakian berlangsung, anda bisa lebih tenang dan perjalanan pun lancar.

4. Berenang

Selain ketahanan tubuh yang harus dilatih, anda juga harus melatih pernafasan. Pernafasan juga sangat harus anda perhatikan, bahkan ini merupakan faktor utama yang harus anda perhatikan. Ketika pendakian berlangsung, kemungkinan pernafasan anda akan sedikit terganggu akibat debu-debu yang berterbangan. Untuk mengurangi resiko kehabisan oksigen dan juga sesak nafas, anda bisa melatih pernafasan anda dengan olahraga renang. Selain melatih pernafasan, anda juga bisa melatih diri anda agar bisa tetap tenang da tidak panik saat pendakian.

5. Mengkombinasikan gerakan push up, squart, dan pull up dengan metode HIIT

Untuk melatih kekuatan tubuh, anda bisa mengkombinasikan olahraga-olahraga ringan seperti push up, squart, dan pull up dengan menggunakan metode HIIT. Metode HIIT ini sangat cocok bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga-olahraga seperti yang disebutkan. Dengan metode ini dapat melatih daya tahan tubuh anda. Metode HIIT tidak membutuhkan waktu yang lama, dan bisa anda lakukan di rumah anda sendiri.

6. Panjat tebing (Wall Climbing)

Untuk melatih kesabaran dan juga otot-otot tangan serta kaki agar kuat saat pendakian, anda bisa melakukan olahraga seperti panjat tebing. Dengan panjat tebing, anda bisa lebih fokus dan sabar untuk mencapai puncak gunung. Untuk panjat tebing, anda bisa mencari fasilitas di kota anda yang dapat memudahkan anda untuk melakukan olahraga ini.

Demikianlah 6 olah raga yang wajib anda coba sebelum mendaki gunung. Dengan ke enam olah raga tersebut anda akan lebih mudah dalam melakukan pendakian. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef