5 Penyebab Terlambat Menstruasi Yang Sering Tak Disadari

Menstruasi atau sering disebut datang bulan merupakan kejadian rutin yang dialami wanita karena adanya perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang sering terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen dan LH-Prostegeron. Periode ini sangat penting dalam hal reproduksi.

Menstruasi terjadi pada wanita biasanya dimulai dari usia remaja atau sekitar usia 9-12 tahun dan akan terus berlangsung sampai menopause tiba. Menstruasi memang hal yang terjadi setiap bulan pada wanita, namun menstruasi kerap menjadikan wanita kehilangan mood, gampang marah, senstif, kepala pusing, dan perasaan tidak mengenakan lainnya.

Beberapa wanita memang memiliki kecenderungan siklus menstruasi yang teratur. Namun ada pula wanita yang mengalami siklus menstruasi yang maju mundur. Mungkin banyak wanita yang tak menyadari jik hal itu dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. mau tahu faktor apasaja yang membuat menstruasi anda tidak teratur atau sering terlambat. Berikut 5 penyebab terlambat menstruasi yang sering tidak disadari.
5 Penyebab Terlambat Menstruasi Yang Sering Tak Disadari

1. Stres

Penyebab pertama menstruasi terlambat adalah karena stres. Sekecil apapun stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Tubuh akan melepaskan kortisol saat stres, jika hal itu sering terjadi maka akan berdampak pada siklus menstruasi. Akibatnya menstruasi tidak teratus atau bahkan wanita tidak menstruasi selama sebulan.

2. Konsumsi kopi berlebihan

Menstruasi menyebabkan beberapa gangguan, mulai dari mood yang tidak enak, sensitif, mudah tersinggung, mudah marah, kecemasan berlebig dan lain sebagainya. Untuk menenangkan diri biasanya wanita akan memilih kopi. Namun, justru kopilah yang menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur.

3. Terlalu banyak berolah raga

Olah raga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun olah raga yang berlebihan dapat menyebabkan mentruasi yang tidak teratur.  Olah raga berlebih akan menyababkan stres pada fisik, akibatnya produksi hormon tidak seimbang yang berdampak pada siklus menstruasi.

4. Tidur yang tidak teratur

Tidur tidak teratur atau kurang tidur juga dapat mengacaukan siklus menstruasi. Bahkan kurang tidur dapat membuat menstruasi seseorang menjadi lebih lama dari biasanya.

5. Terlalu banyak berpergian

Banyak orang yang tidak tahu jika banyak berpergian dapat mengacaukan siklus menstruasi. Berpergian membuat tubuh menjadi lelah dan membuat produksi melatonin tidak normal akibatnya menstruasi terhambat.

Demikianlah 5 penyebab terlambatnya menstruasi yang sering tidak disadari. Menstruasi merupakan siklus rtin yang terjadi setiap bulan pada wanita. Namun siklus tersebut sering tida teratur karena kelima faktor diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef