5 Makanan Baik Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan suatu sistem menerima makanan, mencernanya untuk dijadikan sebagai energi dan nutrisi bagi tubuh, dan kemudian mengeluarkan sisa-sisa proses tersebut melalui dubur. Secara umum sistem pencernaan digambarkan sebagai struktur yang memanjang dan berkelok-kelok yang awali dari mulut dan di akhiri dengan anus.

Sistem pencernaan sangat penting bagi tubuh kita karena sistem pencernaaan lewat sistem pencernaan itulah makanan yang kita makan diubah menjadi energi. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita tentunya kita harus mengkonsumsi makanan-makanan sehat. Hal yang paling sering menjadi penyebab masalah pada sistem pencernaan adalah karena pola makan kita yang tak sehat juga makanan yang kita konsumsi juga tak sehat.

Nahh sahabat untuk menghindari terjadinya masalah pada sistem pencernaan kita. Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan kita, Berikut 5 makanan yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan kita.

1. Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat baik sekali untuk pencernaan. Pisang dapat menyembuhkan diare sebab pisang akan membantu mengembalikan jumlah elektrolit dan kalium yang hilang karena dikeluarkan secara terus-menerus selama diare. Pisang juga kaya akan serat yang dibutuhkan sistem pencernaan.

2. Buah bit

Buah bit baik dikonsumsi bagi anda yang menderita sembelit dan gangguan perut lainnya. Sama dengan halnya pisang, buah bit juga banyak mengandung serat serta kalium dan magnesium yang dapat membantu mebersihkan sistem pencernaan yang tercemar oleh makanan yang tak sehat.

3. Alpukat

Buah alpukat juga termasuk buah yang kaya akan serat. Buah alpukat sangat mudah dicerna dan mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Ubi jalar

Ubi jalar mungkin makanan yang kerap dianggap sebelah mata kebanyakan orang. Namun perlu anda  ketahui jika ubi jalar memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh, salahh satunya untuk kesehatan sistem pencernaan. Ubi jalar mengandung serat, karbohidrat kompleks dan mangan  yang membantu mengobati tulak lambung serta masalah pada sistem pencernaan lainnya.

5. Buah apel

Apel adalah buah yang kaya akan manfaat. Apel mengandung vitamin C, vitamin A, folat, mineral, kalium dan fosfor.  Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada apel tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Apel dapat menurunkan maslaah konstipasi serta meningkaakn rasa kenyang. Apelm juga mengandung pectin yang membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga membantu usus untuk berfungsi maksimal

Demikianlah 5 makanan baik untuk kesehatan pencernaan. Jagalah kesehatan pencernaan anda dengan memperbanyak mengkonsumsi makana yang kaya akan serat seperti kelima makanan tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat. terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef