5 Cara Mudah Mencegah Penyakit Flu

Penyakit flu atau sering disebut juga pilek merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae (Virus influensa) yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala dari penyakit flu adalah demam, menggigil, nyeri otot, nyeri kepala, batuk dan perasaan tidak nyaman lainnya.

Penyakit flu biasanya sebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu karena cuaca atau perubahan iklim, kehujanan, masuk angin, kecapekan, kurang tidur, terkena AC, udara dingin, minum es dan lain sebagainya. Flu juga bisa disebabkan kerena alergi.

Flu memang penyakit yang umum diderita dan tidak membahayakan, namun penyakit yang satu ini sangatlah menganggu. Terlebih ketika kita sedang sibuk bekerja, flu kerap mengganggu konsentrasi kita. Lalu bagaimana agar tubuh kita tak mudah terserang penyakit flu. Berikut 5 cara mudah mencegah penyakit flu.
5 Cara Mudah Mencegah Penyakit Flu

1. Rutin mengkonsumsi jamur

Jamur memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu mencegah tubuh kita terserang flu. Jamur mengandung beta-glucan yang dapat merangsang sel-sel imun yang menyerang  seperti virus flu. Konsumsilah jamur secara rutin agar tubuh terbebas dari penyakit flu.

2. Hindari stres

Mungkin anda bertanya apa hubungan stres dengan penyakit flu, jawabanya tentau ada. Dengan menghindari atau mengurangi stres adalah cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian tubuh akan lebih kuat dan tak mudah terserang penyakit mau[un virus sperti flu. Stres juga menyebabkan tubuh merilis kortisol yang merupakan faktor berbagai penyakit. Semakin tinggi korsitol, semakin besar pula resiko tubuh terserang penyakit.

3. Perbanyak makan makanan berwarran cerah

Untuk terhindar dari penyakit flu kita disaran kan untuk mengkonsumsi makanan yang berawarna cerah seperti sayuran dan juga buah-buahan. Hal ini dikarenakan makan berwarna cerah mengandung banyak antioksidan yang dapat meminimalkan efek radikal bebas, racun yang dapat merusak sel tubuh dan mempercepat proses penuaan. Selain itu antioksidan juga berfungsi memperkuat sistem kekbalah tubuh sehingga tubuh tak mudah terserang berbagai penyakit termasuk penyakit flu.

4. Teh hijau

Teh hijua mengandung senyawa organik yang disenal dengan nama katekin. Diantara antioksidan lainnya, katekin adalah yang paling ampuh dan bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu teh hijau juga dapat mencegah kanker.

5. Mengkonsumsi makanan kaya probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya probiotik tidak hanya sistem pencernaan kita saja yang sehat, namun kita juga dapayt mencegah infeksi pernafasan. Dengan demikian makanan probiotik sangat baik untuk mencegah flu.

Demikianlah 5 cara mudah mencegah penyakit flu. Flu memang penyakit yang umum diderita orang, namun penyakit tersebut cukup mengganggu dan merepotkan. Dengan kelima cara tersebut semoga kita terhindar dari penyakit flu. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef