Patung Jendral Sudirman Di Pajang Di Kantor Mehan Jepang

Rakyat Indonesia siapa yang tidak mengenal Jendral Sudirman. Dialah pahlawan sekaligus jendral besar. Jendral Sudirman lahir di Rembang Purbalingga pada tahun 1916. Di usianya yang masih 31 tahun Sudirman sudah menjadi Jendral. Meskipun dia menderita penyakit paru-paru yang sangat parah, namun tidak memadamkan semangatnya dalam bergerilya melawan penjajah Belanda.

Jendral Sudirman ternyata tidak hanya di hormati dan disgani rakyat Indonesia saja. Namun ternyata masyarakat Jepang juga sangat menghormati Jendral Sudirman. Bahkan patung Jendral sudirman telah dipajang di kementrian pertahan Tokyo Jepang.

Patung jendral Sudirman yang terbuat dari perunggu dengan tinggi 4 meter ini merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di Jepang. Hal ini merupakan fenomena dan kebanggaan sekaligus kehormatan bagi Indonesia.

Patung Jendral Sudirman Di Pajang Di Kantor Mehan Jepang

Pada peringatak hari kemerdekaan Indonesia yang ke 70, 17 Agustus kemarin, sekelompok masyarakat Jepang pecinta Indonesia melakukan upacara peletakan karangan bunga di depan patung jendral Sudirman.

Jendral Sudirman merupakan figur penting dalam sejarah Indonesia sekaligus sejarah Indonesia Jepang. Melalui tentara PETA yang dibentuk Jepang pada masa pendudukan, kontak antara tentara Jepang dan Jendral Sudirman. jendral Sudirman merupakan simbol penting dalam hubungan Indonesia dan Jepang. Ujar Fuji Gemki, ketua panitia upacara.

"Oleh karena itu, melalui upacara peletaan karangan bunga didepan dipatung Jendral Sudirman yang pertama kalinya dilakukan  hari ini (sejak patung dipajang dua atau tiga tahun yang lalu), saya berharap ritual ini akan terus berlanjut dan semakin meriah pada masa-masa mendatang" Lanjut Fuji.

Sementara Duta besar Indonesia untuk Jepang Yasron Ihza Mahendra yang hadir dalam acara upacara tersebut menyatakan dalam sambutannya bahwa sejarah merupakan faktor yang teramat penting  bagi sebuah bangsa.

Sebagai Rakyat Indonesia kita patut bangga memiliki pahlawan besar seperti Jendral Sudirman. Patung Jendrak Sudirman yang terbuat dari perunggu dengan tinggi 4 meter tersebut merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang ada dan dipajang di Jepang. Jendral Sudirman merupakan simbol sejarah yang harus dihormati kedua negara Indonesia dan Jepang.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef