Letusan Dasyat Krakatau Pernah Buat Bulan Menjadi Biru

Pada tahun 1883 gunung Krakatau meletus, letusan gunung berapi ini menjadi salah satu letusan gunung berapi paling memadikan sedunia. Diperkirakan lebih dari 36.000 jiwa tewas dalam letusan krakatau pada tahun 1883. Letusan gunung Krakatau ini juga menyebabkan sunami besar hingga setinggi lebih 10 meter.

Letusan gunung Krakatau memag membuat dunia bersedih kala itu. Tidak hanya memakan jiwa saja, kedasyatan letusan gunung Krakatau juga membuat bulan berwarna biru. Mungkin banyak orang yang tidak tahu saat letusan krakatau bulan benar-benar berawarna biru. Hal ini disebabkan oleh dasyatnya letusan krakatau yang melemparkan batu dan abu vulkanik dengan volume 18 km kubik hingga ketinggian 80 km.

Akbat dari abu vulkanik yang dikeluarkan Krakatau, bumi menjadi gelap gulita selama 2 hari. Setelah lapisan abu vulkanik mulia menipis, terlihatlah bulan yang telah berubah warna menjadi biru.

Letusan Dasyat Krakatau Pernah Buat Bulan Menjadi Biru

Bulan berwarna biru akibat dari sisa abu vulkanik gunung krakatau yang masih tersisa di langit. Partikel abu vulkanik diketahui memiliki ukuran spesial yang mampu mengalau sinar merah menerobos Atsmofer bumi.

Namun, abu vulkanik tidak bisa menaham laju sinar dengan spektum seperti warna biru. Hasilnya bulan terlihat biru atau hijau, jika dilihat dari bumi paska erupsi gunung krakarau.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef