5 Ledakan Terdasyat, Namun Bukan Nuklir

Dunia baru-baru ini digegerkan dengan ledakan dasyat yang terjadi di kota Tianjin, Cina. Ledakan yang berasal dari sebuah gudang penyimpanan bahan berbahaya tersebut telah menewaskan sedikitnya 44 orang, melukai 500 orang, dan menghanguskan ribuan mobil disekitarnya. Ledakan dasyat yang berkekuatan 21 ton TNT tersebut bukanlah ledakan nuklir. Namun ngakibatkan kerusakan parah sepanjang sejarah.

Bukan hanya di kota Tianjin Cina saja yang pernah mengalami ledakan dasyat, namun bukan berasal dari nuklir. Beberapa tempat di belahan dunia juga pernah mengalami ledakan maha dasyat yang mengakibatkan kerusakan luar biasa, namun bukan berasal dari nuklir.

Mau tahu ledakan dasyat apasaja dan terjadi dimana. Berikut 5 ledakan terdasyar sepanjang sejarah, namun bukan berasal dari nuklir.

1. Ledakan AZF

5 Ledakan Terdasyat, Namun Bukan Nuklir

Dikota Toulouse, Perancis pernah mengalami ledakan mengerikan namun bukan berasal dari nuklir. Ledakan tersebut berasal dari pabrik pupuk. Walaupun hanya menewaskan 29 orang, ledakan ini telah merusak 30 ribu bangunan disekitarnya dan melukai 25.00 orang dengan luka yang berat, sedangkan korban luka ringan sekitar 8 ribu orang. Ledakan berkekuatan 40 ton TNT ini terjadi pada tanggal 21 September 2001. Bahkan suara ledakan terdengar hingga jarak 80 Kilometer.

2. Ledakan kereta Lac Megantic

5 Ledakan Terdasyat, Namun Bukan Nuklir

Sebelum tragedi di kota Taijin China, tragedi kereta Lac Megantic merupakan ledakan paling buruk sepanjang sejarah 5 tahun terakhir ini. Ledakan dengan kekuatan 100 ton TNT ini telah menewaskan 42 orang, 80 orang hilang, dan lebih dari 2 ribu orang harus mengungsi. Ledakan ini berawal dari gerbong kereta pengangkut minyak mentah, melesat dari rel dan menghantam apartemen di kota Lac Megantic.

3. Ledakan Messiness

5 Ledakan Terdasyat, Namun Bukan Nuklir

Ledakan Messiness merupakan ledakan paling mengerikan diDunia setelah Bom Atom perang Dunia II. Ledakan Messiness terjadi ketika perang Dunia I memuncak, tepatnya pada tanggal 7 Juni 1917. Pada saat itu Inggris menyerang balik Jerman. Jaringan ranjau masih tertanam diperbatasan Messiness-Wytschaete, yang menjadi basis ekspansi tentara Jerman menuju wilayah barat Eropa. Meskipun ledakan tersebut bukanlah berasal dari nuklir, namun ledakan tersebut memiliki kekuatan  455 Ton bom Ammonal, ledakan tersebut telah menewaskan lebuh dari 10 ribu tentara Jerman, dan memunculkan 19 lubang raksasa. Bahkan suara ledakan terdengar hingga Irlandia.

4. Ledakan gudang peluru Cyprus

5 Ledakan Terdasyat, Namun Bukan Nuklir

Ledakan dasyat berikutnya terjadi pada gudang amunisi milik militer Cyprus. Ledakan ini terjadi pada tanggal 11 Juli 2011. Ledakan ini dipicu oleh terbakarnya gudan yang langsung merembet luas. Ledakan ini menewaskan 30 tentara dan menciderai 50 tentara lainnya. Beruntung ledakan ini jauh dari pemukiman warga, Namun ledakan ini telah meluluh lantakan semua bangunan yang berjalak 10 km dari lokasi ledakan.

5. Ledakan Oppau

5 Ledakan Terdasyat, Namun Bukan Nuklir

Ledakan yang terjadi di Oppau, Jerman ini hampir mirip dengan tragedi yang terjadi di kota Taijin, Cina, yang membedakan adalah ledakan yang terjadi pada Oppau ini terjadi pada gudang pupuk milik perusahaan BASF. Ledakan ini terjadi pada tanggal 21 September 1921 dan menewaskan 560 orang dan menghancurkan seluruh kota.

Demikianlah 5 ledakan maha dasyat, namun bukan berasal dari nuklir. Sejarah menyebutkan kelima ledakan tersebut merupakan ledakan paling mengerikan sepanjang sejarah setelah Bom Atom Jepang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef