5 Efek Negatif dari Kecanduan Smartphone

Smartphon dianggap sebagai perangkat pengganti komputer untuk semua orang. Dengan bentuknya yang praktis dan ramping membuat setiap orang menyukainya, karena mudah untuk dibawa kemana-mana. Apalagi fitur-fitur dari smartphone sekarang sudah canggih dan melebihi komputer. Dulu smartphone memiliki fitur yang terbatas, sekarang bahkan melampaui batas.

Dengan berbagai fitur canggih yang diberikan, sepertinya para perusahaan telekomunikasi ingin benar-benar menerapkan istilah yang namanya "komputer digenggaman tangan". Smartphone kapanpun dan dimanapun akan selalu menjadi pembicaraan hangat bagi para pecintanya. Apalagi bila salah satu merk smartphone meluncurkan smartphone terbarunya yang menawarkan model yang lebih praktis dan fitur yang lebih komplit, pasti hal itu akan menjadi perbincangan yang ramai dikalangan masyarakat terutama mereka pecinta smartphon.

Berbicara tentang smartphon memang tidak ada habisnya, dan malah akan bertammbah panjang. Perlu anda ketahui, bahwa smartphone itu tidak selamanya membawa dampak positif bagi anda, ada juga dampak negatif yang pasti dirasakan bagi anda yang kecanduan dengan smartphone. Mungkin sekarang anda belum merasakannya, karena dampak negatif dari kecanduan smartphone ini tidak bersifat seketika, dampak ini akan anda rasakan dalam kurun waktu yang panjang. Apa saja dampak negatifnya tersebut? Berikut 5 dampak negatif akibat kecanduan smartphon yang perlu anda ketahui:

5 Efek Negatif dari Kecanduan Smartphone

1. Lemah dalam bersosialisasi

Mengapa bisa berdampak lemah dalam bersosialisasi? Bisa.. Karena hidup anda sebagian besar hanya berkutat dengan smartphone, sehingga anda lupa bersosialisasi dengan orang-orang diluar sana. Bahkan ketika anda sedang berkumpul dengan teman-teman anda, anda sibuk bermain smartphone sendiri dan jarang mengalihkan pandangan dari smartphone. Akhirnya sosialisasi anda dengan teman anda jadi berkurang. Perlu anda ketahui bahwa sosialisas itu sangat penting, bukan hannya untuk melepas dan menghilangkan stres, tapi juga untuk menjaga agar hubungan anda dengan orang lain tetap terjaga.

2. Kurang bahagia

Ketika anda sedang stres kemungkinan besar anda akan selalu berhubungan dengan smartphone, itu malah akan membuat anda menjadi kurang bahagia. Mengapa? Karena bila anda terus-terusan menghabiskan waktu anda dengan gadget, akan dapat menghambat produksi melatonin, yaitu senyawa yang akan meningkatkan mood dan menghindaran anda dari gangguan stres. Maka dari itu, anda harus mengurangi waktu anda untuk berhubungan dengan smartphone. Lebih banyaklah berkumpul dengan orang-orang agar anda tidak kehilangan kebahagiaan anda.

3. Lebih tinggi resiko mengalami depresi

Depresi memang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti karena masalah yang berlebihan. Namun perlu anda ketahui, Kecanduan anda dengan sebuah smartphone akan dapat mengakibatkan anda rentan mengalami depresi. Hal itu telah ditunjukkan oleh para peneliti. Meski tidak bersifat seketika, tetapi jika hari-hari anda selalu berkutat dengan smartphone, energi dan emosi anda akan cepat terkuras, sehingga anda akan lebih mudah mengalami depresi.

4. Cenderung mengalami pikun

Mungkin anda tidak menyadari bahwa sebenarnya sering bermain smartphone akan mempermudah anda mengalami kepikunan, karena anda masih muda dan belum merasakannya. Dampak ini tidak bersifat seketika. Anda akan merasakannya nanti ketika waktu anda sudah anda kuras dengan selalu berhubungan dengan smartphone, dan akan ada banyak hal yang mudah sekali anda lupakan karena anda sudah terbiasa dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh smartphone, seperti mengingat kata, catatan, angka, dan lain sebagainya. Dengan adanya itu, kemampuan dan kinerja otak anda akan semakin melemah, karena aktifitas mengingat anda sudah berkurang.

5. Lebih mudah mengalami gangguan tidur

Berlebihan dalam menggunakan smartphone juga akan membuat anda terkena penyakit insomnia atau susah tidur. Di waktu malam, anda sering menghabiskan waktu anda dengan bermain smartphone, salah satunya yaitu bermain game online. Dengan bermain game online, anda tidak sadar bahwa waktu anda telah terkuras sia-sia, dan dengan waktu yang tersita itu anda jadi akan lupa kalau itu sudah masuk waktu tidur. Dengan itu semua, waktu istirahat otak akan terkorbankan secara cuma-cuma atau sia-sia. Sebab itu anda akan lebih rentan mengalami insomnia.

Demikianlah 5 efek negatif dari kecanduan smarphone. Di zaman super modern ini, hidup memang tak bisa lepas dari yang namanya tegnologi seperti smarpone, kehadiarannya sangat membantu sekali, namun jika sampai kecanduan juga akan berdampak buruk pada diri kita. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef