5 Cara Mudah Cegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan jenis demensia paling umum yang awalnya di tandai oleh melemahnya daya ingat, hingga gangguan otak dalam melakukan perencanaan, penalaran, persepsi,  dan berbahasa. Gejala penyakit Alzheimer berkembang secara perlahan-lahan seiring berjalannya waktu seperti sering lupa dengan percakapan yang baru saja di bincangkan.

Di perkirakan saat ini jumlah penderita penyakit Alzheimer mencapai 44 juta orang. Angka ini perkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2050. Oleh sebab itu para peneliti melakukan berbagai penelitian untuk lebih memahami penyakit alzheimer. 

Penyakit Alzheimer jika sudah mencapai tingkat parah, penderita dapat mengalami halusinasi, masalah dalam berbicara dan berbahasa, serta tidak mampu menjalankan aktivitas tanpa bantuan orang lain. Para peneliti menemukan bahwa bukti bahwa zat dalam air liur dapat membedakan antara orang yang menua secara normal dengan orang yang beresiko terserang penyakit Alzheimer. Nah agar anda dapat terhindar dari penyakit Alzheimer, kami akan berikan tips mencegah penyakit tersebut,. Berikut 5 cara mudah mencegah penyakit alzheimer.
5 Cara Mudah Cegah Penyakit Alzheimer

1. Terus mengasah otak

Cara termudah dan bisa anda lakukan setiap hari untuk mencegah penyakit Alzheimer adalah dengan cara terus mengasah otak. Yang perlu anda lakukan  adalah sering membaca, menulis, dan segala kegiatan lainnya yang dapat merangsang otak. Dengan terus mengasah dan merangsang otak dapat memperlambat penurunan otak  yang terkait dengan penyakit Alzhaimer.

2. Makan wortel

Buah dan sayuran memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Para peneliti di Swedia menemukan bahwa makan berbagai buah dan sayuran setikar 500 gram per hari telah dikaitkan dengan penurunan Alzheimer dan demensia pada 30 tahun kemudian . Dan peneliti berhasil membuktikan bahwa makan wortel, sayuran dan buah jeruk telah dikaitkan dengan peningkatan fusngi kognitif.

3. Berjalan 45 menit, 3 kali dalam seminggu

Untuk mempertahankan aktivitas otak dan kemampuan untuk mempertahan konsentrasi anda perlu melakukan jalan kali selama kurang lebih 45 menit dan dilakukan minimal seminggu 3 kali. Peneliti mengungkapkan bahwa orang dewasa separuh baya yang melakukan hal tersebut dapat mempertahankan kemampuan otak.

4. Rajin memeriksakan tekanan darah

Ketika usia sudah diatas 40 tahun, tekanan darah menjadi tinggi. Hal ini dapat meningkatkan resiko terserang penyakit Alzheimer dan demensia. Oleh sebab itu anda harus rajin memeriksakan tekanan darah anda.

5. Stop multi-tasking

Para peneliti menyarankan bahwa kita sebaiknya melakukan setiap tugas secara terpisah. Hal ini disebabkan ada penelitian yang menunjukan bahwa multi-tasking ternyata tidak seefesien yang kita pikirkan.

Demikianlah informasi tentang 5 cara mudah mencegah penyakit Alzheimer. Dengan rutin melakukan kelima cara diatas, anda dapat menurunkan resiko terserang penyakit Alzheimer dan demensia. Semoga tips diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef