5 cara Ampuh Jaga Ginjal Tetap Sehat

Ginjal merupakan salah satu organ vital didalam tubuh manuisa. Ginjal merupakan alat penyaringan darah yang berbentuk seperti kacang, yang terdiri dari 2 buah dan memiliki ukuran sekitar 10 hingga 15 cm. Peran ginjal sangat penting karena ginjal salah satu dari sistem ekskresi manusia.

Ginjal memiliki peran sangat fital dalam tubuh manusia yaitu menyaring darah, membentuk urine, menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mempertahankan keseimbangan kadar asam basa, mengatur kadar kalium dalam darah, memproses ulang zat dan berbagai fungsil lainnya. Meskipun ginjal memiliki peran yang sangat vital, namun banyak manusia yang tidak bisa menjaga kesehatan ginjalnya dengan pola hidupnya yang tidak sehat.

Menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting. Hal ini dikarenakan jika ginjal tak lagi berfungsi akan menimbulkan masalah besar. Anda diharuskan cuci darah yang tentunya memakan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana cara mengaja agar ginjal tetap sehat. Berikut 5 cara ampuh jaga ginjal agar tetap sehat.
5 cara Ampuh Jaga Ginjal Tetap Sehat

1. Minum banyak air

Air memiliki fungsi penting untuk tubuh, kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi. Kita diwajibkan minum air sehari minimal 8 gelas. Air akan membantu membuang zat sisa tubuh, terutama yodium atau garam, urea dan berbagai racun didalam tubuh. Jika urin anda  berwana kuning berarti anda kurang minum air, hal ini mengakibatkan ginjal harus bekerja keras.

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Konsumsilah makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan agar tubuh juga sehat. Dengan mengkonsumsi makanana sehat anda akan terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Hindari makanan rendah nutrisi atau makanan yang mengandung bahan pengawet seperti snack kemasan.

3. Makan probiotik setiap hari

Anda dapat mendapatkan probiotik dari yougurt. Yougurt merupakan sumber probiotik yang sangat mudah untuk anda dapatkan. Probiotik mengandung bakteri baik yang dapat menguatkan ginjal serta membantu proses penyaringan zat sisa.

4. Jaga tekanan  darah dan gula darah

Orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan gula darah seperti penderita diabetes sangat berpotensi merusak ginjal. Jagalah tekanan darah anda dan gula darah, hindari juga makan daging dan makanan berlemak.

5. Kurangi makanan berfospor

Fospor yang berlebih dalam tubuh dapat membuat ginjal kesulitan dalam menyaring darah. Bahkan ginjal berpotensi mengalami pengerasan karena zat ini. Hindarilah makanan berpengawet, minuman berkarbonasi, atau softdrink, dan makanan dan minuman tidak sehat lainnya.

Demikianlah 5 cara ampuh jaga ginjal tetap sehat. Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia, oleh sebab itu sangat penting menjaga kesehatan ginjal. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef