4 Cara Membangun Saling Percaya dengan Pasangan

Saling percaya diri dan saling mempercai dalam berhubungan itu sangatlah penting. Dengan adanya rasa saling percaya, hubungan akan selalu lancar dan harmonis. Tapi jika rasa saling percaya itu sudah hilang, hubungan akan menjadi rusak dan bahakan bisa menimbulkan perpisahan.

Penyebab suatu hubungan menjadi rusak dan bahkan pisah memang banyak. Diantaranya karena tidak adanya rasa saling percaya antara kedua belah pihak. Misalnya, ketika anda mengajak kencan dengan pria anda, tapi pria anda bilang kalau dia tidak bisa memenuhinya karena sedang sakit atau karena ada keperluan yang penting. Tapi anda tidak percaya dengan alasan itu. Anda menuduh pria anda berbohong dan mencari alasan saat ingin di ajak kencan. Padahal si pria tidak mencari alasan, tapi dia benar-benar tidak bisa karena ada keperluan penting. Hal itu hanya akan menyebabkan hubungan anda dengannya menjadi rusak dan banyak masalah.

Untuk membangun rasa saling percaya diri itu memang tidak mudah. Butuh perasaan baik sangka (khusnudzon) yang kuat. Banyak pasangan yang berakhir kisah cintanya gara-gara tidak adanya rasa saling mempercayai diantara keduanya. Kalau kita berusaha dan berniat, pasti akan diberi kemudahan dalam membangun rasa saling mempercayai itu. Berikut cara untuk bisa membangun rasa saling mempercayai:

4 Cara Membangun Saling Percaya Diri dengan Pasangan

1. Komunikasi

Salah satu hal yang berperan paling penting dalam berhubungan adalah 'Komunikasi'. Komunikasi berperan sangat penting, karena komunikasi menentukan langgeng tidaknya suatu hubungan. Tanpa adanya komunikasi yang baik dengan pasangan akan membuat hubungan itu menjadi bubar. Bayangkan saja jika sepasang kekasaih minim komunikasi dan komunikasinya pun tidak baik. Sudah pasti hubungan itu tidak akan bertahan lama jika tidak ada perubahan sikap dalam berkomunikasi. Berkomunikasi dengan baik akan membuat kedua belah pihak saling mempercayai, karena komunikasinya selalu di jaga dan tidak pernah berbohong.

2. Cemburu boleh, tapi jangan berlebihan

Cemburu itu perasaan yang wajar bagi setiap orang. Jika tidak memiliki rasa cemburu berarti pertanda tidak memiliki rasa mencintai. Namun, dalam hal cemburu juga jangan berlebihan. Cemburu berlebihan malah akan menimbulkan rasa saling tidak mempercayai. Cemburu berlebihan juga akan membuat pasangan anda marah dan merasa tidak nyaman, sehingga hubungannya pun tidak akan bertahan lama. Untuk mengatasinya, anda harus berbicara lembut dengan pasangan anda tentang apa yang anda rasakan. Hal itu akan menambah rasa saling mempercayai.

3. Gali informasi yang benar

Ketika anda merasakan sesuatu yang mengganjal dengan pasangan anda, anda harus mencari informasi dengan benar. "Katanya" belum tentu sebenarnya. Anda harus mendengar langsung penjelasan langsung dari pasangan anda, atau anda bisa melihat langsung apa yang sebenarnya terjadi dengan pasangan anda. Karena jika anda salah menggali informasi akan menimbulkan rasa saling tidak mempercayai. Hubungan yang sehat selalu dilandasi dengan kejujuran.

4. Jangan pernah menyesali masa lalu

Setiap orang mempunyai masa lalu, dan masa lalu setiap orang berbeda-beda, ada yang buruk dan ada yang baik. Bila anda mempunyai masalalu yang buruk, mungkin dulu anda atau pasangan anda pernah melakukan suatu kesalahan, anda jangan terus mengenangnya dan selalu mengingat-ingatnya. Itu hanya akan membuat kepercayaan di antara keduanya menjadi luntur. Cobalah untuk berjalan kedepan dengan baik dan tidak menoleh kebelakang. Boleh menoleh tapi itu hanya dibuat sebagai pelajaran dan jangan diungkit-ungkit lagi.

Demikianlah 4 cara membangun saling percaya dengan pasangan. Saling percaya sangat penting dalam suatu hubungan, tanpa adanya sikap saling percaya pasti hubungan tak akan pernah berjalan harmonis. Semoga keempat cara diatas dapat membuat anda dan pasangan anda menjadi semakin saling percaya. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef