Apa Hukum Puasa Jika Tidak Mengerjakan Sholat

Alhamdulillah bulan Ramadhan telah tiba dan umat muslim di wajibkan untuk berpuasa. Puasa merupakan rukun islam no 4 setelah Syahadat, Sholat, Zakat, dan Puasa, dan yang terahkir adalah haji. Bagi umat muslim wajib untuk melasaknasakan kelima rukun tersebut, jika tidak, berarti islamnya batal, kecuali zakat atau haji yang bisa ditunda hingga mampu untuk melaksakanannya.

Sholat dan puasa meski diwajibkan bagi umat muslim namun kenyataannya banyak orang yang dengan tegas mengaku islam namun mereka juga terang-terangan tidak mengerjakan sholat dan puasa, bahkan banyak orang yang tidak tau malu makan di jalan pada saat bulan puasa. Lalu masih ada lagi fenomena di kalangan anak muda, banyak anak muda yang  mengadakan buka bersama, namun setelah itu mereka tidak mengerjakan sholat magrib juga sholat isya. Lalu bagaimana hukum puasa bagi mereka itu?

Seperti yang telah di jelaskan dalam kitab suci Al-Qur'an pada surat Al-Baqoroh ayat 183 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman di wajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana di wajibkan orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa"
Apa Hukum Puasa Jika Tidak Mengerjakan Sholat

Dengan adanya ayat Al-Qur'an tersebut tentu wajib bagi semua umat muslim untuk mengerjakan puasa, kecuali bagi mereka yang berhalangan seperti karena sedang sakit, haid, hipas, dalam perjalan atau karena halangan lainnya, namun itupun harus tetap menggantinya di hari yang lain. Jika seseorang dengan sengaja meninggalkan puasa tanpa halangan, tentu orang tersebut telah keluar dari rukun islam, yang artinya islam mereka batal, dan mereka akan mendapatkan siksaan yang teramat pedih dari ALLAH SWT.

Lalu bagaimana hukum orang yang berpuasa namun meninggalkan sholat?

Nahh inilah yang sering dilakukan para anak muda jaman sekarang. Mereka berpuasa bukan karena ALLAH, namun karena gengsi terhadap teman-temannya. Banyak anak muda yang tetap mengerjakan puasa namun mereka meninggalkan sholat, inilah yang sering kita jumpai, ketika kita melihat atau bahkan ikut buka bersama dengan orang banyak terutama kaum anak muda, apa yang meraka lakukan setelah buka bersama, apa mereka langsung pergi ke mesjid dan mengerjalan solat magrib, jawabannya, hanya sebagian kecil saja yang mengerjakan solat magrib, sebagian besar dari mereka asyik nongkrong dan ngobrol hingga melupakan atau bahkan dengan sengaja meninggalkan solat magrib dan isya'.

Dalam hal ini tentu puasanya percuma atau tidak diterima oleh Allah SWT. Hal ini dikarenakan orang yang dengan sengaja meninggalkan solat berarti dia kafir, murtad, dan orang kafir tidak diwajibkan untuk puasa. Sholat merupakan rukun Islam yang kedua, siapa yang mengerjakan solat berarti dia menegakan agama islam, dan siapa yang meninggalkan solat artinya dia menghacurkan agama islam. Jadi kesimpulannya adalah orang yang meninggalkan solat, berarti dia telah menghancurkan agamanya sendiri atau murtad. Sedangkan puasa hanya diwajibkan untuk orang Islam bukan untuk orang non islam. Jadi puasanya tidak syah jika meninggalkan solat.

Sholat merupakan hal yang terpening dalam islam setelah 2 kalimat syahadat. Oleh sebab itu orang yang dengan sengaja meninggalkan solat, berarti dia telah keluar dari agama islam, kecuali karena ada halangan atau lupa. Orang yang mengerjakan puasa namun meninggalkan solat, mereka sama sekali tidak akan mendapatkan apa-apa kecuali siksaan dari ALLAH SWT.

Nahh sahabat, mengetahui akan hukumnya puasa dan solat, maka jangan pernah sekali-kali kita meninggalkan puasa dan solat. Percuma kita seharian lapar puasa, jika tidak mengerjakan solat. Sholat itu sangat penting. Jangan pernah terbujuk dengan orang-orang yang mengaku islam namun tidak mengerjakan solat. Semoga informasi diatas bermanfaat. terikasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef