7 Cara Cepat Terbebas Dari Hutang

Dizaman sekarang hutang bukan lagi hal yang tabu. Orang yang kaya raya pun memiliki hutang, bagaimana dengan orang biasa. Apalagi saat ini banyak bank-bank atau perusahaan finance yang berlomba-lomba memberikan kredit dengan buna yang rendah, seperti kredit motor, kredit rumah, kredit mobil dan lain sebagainya.

Walaupun hutang bukan lagi hal yang tabu, namun sering kali hutang membuat seseorang menjadi stres dan menjadi beban sepanjang hidup. Oleh sebab itu semua orang pasti ingin terbebas dari hutang. Bagi anda yang benyak terlilit hutang, tak oerlu cemas dan tak perlu khawatir, kali ini kami akan memberikan tips agar anda cepat terbebas dari hutang. Berikut cara cepat terbebas dari hutang.
Cara Cepat Terbebas Dari Hutang

1. Hilangkan gaya hidup boros

Semua orang pasti suka belanja, menikmati hal-hal yang enak, makanan enak, tempat mewah, liburan, dan lain sebagainya. Namun jika anda ingin terbebas dari hutang, baiknya anda hindari keinginan-keinginan tersebut. Bayangkan saja, jika uang yang anda gunakan untuk belanja baju, makan di restoran mewah, atau berlibur anda tabung, bisa dilihat berapa uang anda. Oleh sebab itu hilangkanlah kebiasaan hidup boros agar terbebas dari hutang.

2. Berhenti berfikir untuk berhutang

Meskipun banyak tawaran-tawaran pembelian kredit yang menggiurkan, namun sebisa mungkin anda hilangkan pikiran anda untuk berhutang. Hutang itu indah diawalnya saja, namun suatu saat akan menjadi beban hidup anda dan membuat anda menjadi stress.

3. Maksilamalkan pendapatan

Maksimalkan pendapatan maksutnya adalah jika anda memiliki banyak waktu, anda bisa mencari pekerjaan sampingan. Dengan pendapatan yang lebih banyak tentunya anda akan lebih mudah untuk melunasi hutang-hutang anda. Jika anda tidak punya waktu lebih, anda bisa memanfaatkan kamar kosong dirumah anda untuk membuka kos-kosan.

4. Perhatian pendapatan dan belanja anda

Anda harus memperhatikan pendapatan anda dan pengeluaran anda, anda bisa mencatatnya. Dengan melakukan ini anda akan mengetahui berapa uang sisa yang anda miliki untuk membayar hutang anda. Dengan cara ini pula anda akan tahu kemana saja uang anda dihabiskan, dan jika ada hal yang tidak penting dalam pengeluaran, anda bisa mecoretnya dalam daftar pengeluaran anda di bulan depan agar lebih bisa berhemat.

5. Atus strategi anggaran dan pembayaran

Setelah anda mencatat semua pendapatan dan pengeluaran anda tersebut, maka anda akan mengetahu berapa uang yang tersisa, dari sinilah anda harus membuat anggaran untuk pembaryaran hutang-hutang anda. Sebagai contoh, pendapatan anda 3 juta dalam sebulan sedang pengeluaran anda 2,5 juta dalam sebulan, berati masih ada 500 ribu. Nahh 500 ribu tersebutlah yang anda gunakan untuk membayar hutang, Jika hutang sudah lunas, anda boleh tetap berpura-pura hutang dengan menyisihkan 500 ribu untuk tabungan anda.

6. Dahulukan hutang yang nominalnya paling tinggi

Untuk bisa terbebas hutang anda harus dahulukan hutang yang memiliki nominal tertinggi. Hal ini dikarenakan hutang dengan nominal tinggi akan dikenakan bunga yang tinggi pula, tentu sangat memberatkan anda. Oleh sebab itu anda selesaikan terlebih dahulu hutang yang nominalnya tertinggi tersebut.

7. Disiplin

Setelah hutang terlunasi cobalah untuk hidup disiplin dengan tidak kembali berhutang. Hidup anda tidak akan pernah tenang jika terus-terusan di kejar hutang. Hiduplah disiplin dan atur pendapatan dan pengeluaran anda sebaik mungkin.

Demikianlah 7 cara cepat terbebas dari hutang. Hilangkanlah gaya hidup boros dan tanamkanlah budaya menabung agar hidup anda terbebas dari hutang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef