6 Rahasia Agar Tetap Sehat, Bugar Dan Fit Saat Berpuasa

Di bulan Ramadhan semua orang muslim menjalankan ibadah puasa. Oleh karena itu pola makan kita menjadi berubah dari hari biasanya. Perubahan ini yang terkadang membuat tubuh kaget, hingga akhirnya tubuh menjadi lemas, tidak bugar dan kurang fit. Itu sebabnya di hari awal-awal Ramadhan puasa terasa teramat berat.

Di saat puasa kita tidak boleh makan dan minum semala kurang lebih 13 hingga 15 jam. Selain itu jadwal istirahat juga terganggu karena kita haru bangun di tengah malam untuk melaksakan sahur. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kita. Bagi yang belum terbiasa hal ini bisa mengganggu kesehatan.

Walaupun demikian kita harus tetap menjalankan ibadah puasa. Selain karena wajib, puasa juga sangat baik untuk kesehatan. Nahh agar puasa anda tetap lancar dan tubuh tetap sehat bugar dan tetap fit, kami berikan rasahianya. Berikut 6 rahasia agar tetap sehat, bugar dan fit saat berpuasa.
6 Rahasia Agar Tetap Sehat, Bugar Dan Fit Saat Berpuasa

1. Saat sahur pilihlah makanan yang berserat

Rahasia pertama agar puasa anda lancar dan anda bisa beraktivitas biasa tabpa gangguan ngantuk, lesu atau tidak bersemangat, anda harus mengkonsumsi makanan yang berserat dan berprotein tinggi ketika sahur. Dan anda juga harus menghindari makanan-manan manis, makanan manis akan membuat anda cepat lapar pada siang hari.

2. Kurangi makanan berlemak

Anda harus hindari atau kurangi makanan berlemak,terutama ketika saat sahur. Mengkonsumsi makanan berlemak, gorengan, kuah santan akan sulit dicerna oleh tubuh, akibatnya tubuh akan sering mengeluarkan cairan  dan anda akan merasa dehidrasi karenanya.

3. Tetap berolah raga

Puasa bukan berarti bermalas-malasan, anda juga tetap berolah raga seperti pada hari-hari biasa. Namun yang perlu anda lakukan bukan olah raga berat, anda cukup melakukan jalan-jalan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh anda tetap segar dan tidak lemas selama menjalankan puasa.

4. Hindari makanan instan

Segala yang instan tentu tidak baik, termasuk makanan yang instan. Makanan instan seperti mie instan sering dipilih orang karena tidak ribet dan mudah dalam pembuatannya. Namun kandungan bahan kimia di dalamnya membuat makanan tersebut sulit untuk dicerna oleh tubuh, hal ini akan membuat anda mengeluarkan banyak energi yang akibatnya tubub menjadi cepat lemas, oleh sebab itu anda harus menghindari makanan instan.

5. Konsumsi makanan manis ketika berbuka

Jika saat sahur kita tidak boleh makan makanan manis, sebaliknya disaat buka kita dianjurkan untuk makan makanan manis. Makanan manis yang mengandung zat gula dapat mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Namun anda juga harus menghindari minuman bersoda atau minuman dingin, hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan.

6. Jangan langsung makan makanan besar saat berbuka

Saat berbuka puasa baiknya anda makan makanan kecil dulu seperti buah, minum dan lains sebagainya, anda harus menghindari makanan berat, hal ini dikarenakan sistem pencernaan bisa kaget dan akibatnya bisa terjadi gangguan pencernaan seperti keram perut atau kembung. Setelah magri atau solat teraweh baru anda boleh mengkonsumsi makanan berat.

Demikianlah 6 rahasia agar tetap sehat, bugar dan fit ketika berpuasa. Berpuasa bukan alasan kita untuk bermalas-malasan karena tubuh lemas, lesu dan lainnya. Meskipun berpuasa kita harus tetap sehat bugar dan fit. Semoga informasin diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef