5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Bikin Jantung Berhenti Berdetak

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia. Jantung memiliki peran vital dalam kehidupan, manusia dinyatakan meninggal dunia jika jantung sudah berhenti berdetak atau tak lagi berfungsi. Mengetahui akan peran jantung yang begitu vital, maka semua orang ingin memiliki jantung yang sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

Jantung adalah rongga organ berotot yang berfungsi memompa darah melalui pembuluh darah keseluruh tubuh dengan berirama yang berulang. Jantung manusia terletak pada dada agak sebelah kiri. Jantung memiliki berat sekitar 300 gram dengan ukuran sekitar segenggam tangan orang dewasa.

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, hal ini karena peran jantung yang begitu penting. Namun, penyakit kardiovaskular sangat lumbar menyerang kalangan masyarakat modern. Cara terbaik agar jantung selalu sehat, kita harus menerapkan gaya hidup sehat, dan menghindari berbagai hal yang dapat merusak jantung. Meskipun demikian ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat menghentikan detak jantung. Berikut 5 kebiasaan yang tanpa disadari dapat membuat jantung berhentik berdetak.
5 Kebiasaan Yang Tanpa Disadari Bikin Jantung Berhenti Berdetak

1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama sudah menjadi kebiasaan orang-orang dijaman modern. Entah karena pekerjaan atau apa, banyak orang yang duduk hingga berjam-jam di depan komputer, padahal hal ini tidak baik untuk kesehatan termasuk untuk jantung anda. Duduk berjam-jam dapat meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Minimnya gerak dapat memperngaruhi kadar lemak dan gula. Disarankan bagi anda yang memiliki kebiasaan atau pekerjaan yang mengharuskan anda untuk duduk berjam-jam untuk melakukan olah raga rutin agar bisa seimbang.

2. Minum alkohol berlebih

Dalam agama islam alkohol atau minuman keras sangatlah dilarang dan diharamkan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, alkohol dapara membuat orang menjadi mabuk dan kehilangan akal sehatnya, Selain itu alkohol juga berdampak buruk pada kesehatan salah satu kesehatan jantung anda. Alkohol dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, kadar lemak darah tinggi, dan gagal jantung. Alkohol juga dapat membuat berat badan naik secara derastis, hal itu juga tidak baik untuk jantung.

3. Tidur mendekur

Jika anda memiliki kebiasaan mendekur, anda patut berhati-hati. Mendekur berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, terutama bagi jantung. mendekur dapat menjadi tanda suatu yang lebih serius seperti apnea tidur obstruktif.  Gangguan tersebut ditandai dengan nafas yang terganggu saat tidur, dan dapat menyebabkan tekanan darah melonjak. Oleh sebab itu anda harus sembuhkan kebiasaan mendekur anda.

4. Tidak menjaga kebersihan gigi

Penyakit gusi ada hubungannya dengan penyakit jantung. Jika anda malas membersihkan gigi anda, amka plak yang terdapat pada gigi anda lama-kelamaan akan membuat gusi sakit. Dan bakteri tersebut dapat memicu peradangan di dalam tubuh dan dapat menyebabkan penyakit pada jantung.

5. Stres dan depresi

Stres dan depresi tidak hanya  berpengaruh pada pola pikir manusia saja, namun juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh tak terkecuali kesehatan jantung. Mereka yang cenderung menyembunyikan perasaan mereka berada dalam bahaya besar. Hal ini dikarenakan mereka lebih beresiko terkena penyakit kardiovaskular. Peneliti telah menunjukan jika tertawa dan dukungan sosial dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Demikianlah 5 kebiasaan yang tanpa disadari bisa bikin jantung berhenti berdetak. Sayangilah jantung anda dengan menjalankan pola hidup sehat dan menghindari 5 kebiasaan diatas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimkasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef