5 Kebiasaan Sepele Manusia Yang Dapat Menghancurkan Bumi

Saat ini keadaan Bumi kita sudah sangat mengkhawatirkan. Polusi dimana-mana, pemanasan global, iklim yang telah berubah dan ekstrim, bahkan ada beberapa negara yang terancam tenggelam beberapa tahun kemuidan akibat mencairnya es di kutup utara. Hal ini dikarenakan keadaan bumi yang sudah kian memprihatinkan.

Banyak makhluk hidup di bumi yang terancam punah. Sungguh mengkhawatirkan, hal ini 1000 kali lebih parah dari yang seharusnya terjadi. Tidak heran jika para ilmuan dan aktivis pecinta lingkungan terus menggalakan penyelamatan lingkungan dan bumi kita ini. Banyak program-program yang mulai di jalankan untuk menyelamatkan bumi kita ini dari kehancuran.

Meskipun banyak program yang dijalankan untuk menyelamatkan bumi dari kehancur, hal itu juga percuma jika masih banyak orang yang melakukan sesuatu yang dapat menambah kerusakan atau bahkan menghancurkan bumi. Hal ini dikarenakan ada beberapa kebiasaan sepele yang tanpa disadari manusia dapat menghancurkan bumi. Mau tahu hal sepele apa sajakah itu. Berikut 5 kebiasaan sepele manusia yang dapat menghancurkan bumi.
5 Kebiasaan Sepele Manusia Yang Dapat Menghancurkan Bumi

1. Minum pakai sedotan

Minum dengan sedotan adalah kebiasaan manusia zaman sekarang. Namun tahukan anda jika kebiasaan minum dengan sedotan ternyata dapat mengancam bumi kita dari kehancuran. Hal ini dikarenakan setiap hari ada ratusan juta sedotan yang di buang ke tempat sampah, ironisanya hal itu membuat pantai-pantai tercemari sampah sedotan plastik tersebut. Menurut ilmuan sedotan plasti sangat berbahaya karena terbuat dari plastik polipropylen yang sulit diurai oleh alam. Diperkirakan setiap tahun ada 12-14 ton sampah sedotan yang mencemari bumi kita ini.

2. Tidak menghabiskan makanan

Tidak hanya anak-anak saja yang memiliki kebiasaan tidak menghabiskan makanan, ternyata orang dewasa juga banyak yang tidak menghabiskan makakannya. Meskipun hal ini sepele, namun bisa berdampak serius pada bumi kita ini. Setipa tahun ada milyaran ton sampah sisa makanan yang mencemari bumi kita ini. Padahal untuk mendapatkan makanana tersebut, manusia telah mengeksploitasi alam. Permintaan lahan pertanian terus meningkat yang mengakibatkan penebangan hutan. Sungguh ironis bukan.

3. Memakai sumpit saat makan

Mungkin terdengar aneh jika sumpit dapat mengancam lingkungan dan bumi kita ini. Namun memang kenyataannya demikian, hutan-huta di China rusak parah akibat pohon-pohonnya di tebang untuk membuat sumpit. Cukup beralasan, karena setiap tahun Cina memproduksi 80 milyar sumpit. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sumpit tersebut di hutuhkan setitar 20 juta pohon setiap tahunnya. Jika hal ini terus terjadi bukan tidak mungkin pohon-pohon akan habis untuk pembuatan sumpit.

4. Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri

Cuci tangan menggunakan sabun anti bakteri memang baik untuk kebersihan dan kesehatan, namun hal ini juga berdampak buruk bagi bumi kita. Sabun anti bakteri mengandung zat kimia yang disebut zat triklosan yag akan terbuang dan mengalir bersama air kesungai-sungai. Data penelitian sendiri menyebutkan jika zat Triklosan tersebut akan terurai menjadi 2 jenis zat kimia yang bersifat karsinogen alias penyebab kanker. Hal inilah yang menyebabkan penyakit parah pada hewan-hewan yang berujung kematian. Nah jika terjadi secara terus-menerus bukan tidak mungkin akan semakin banyak hewan yang akan punah karena zat kimia tersebut.

5. Sembarangan membuang pil KB

Banyak orang yang sembarangan dalam membuang pil KB. Hal ini dapat mencemari perairan, dan tahukan anda jika zat-zat yang terkandung dalam pil KB dapat merubah ikan jantan menjadi ikan betina. Jika hal ini terus terjadi maka akan banyak spesies ikan yang akan punah karena tidak terjadi perkawinan (Karena semua ikan berubah menjadi betina).

Demikianlah 5 kebiasan sepele manusia yang dapat menghancurkan bumi. Tanpa kita sadari ternyata apa yang kita lakukan sehari-hari dapat mengancam bumi kita. Sekarang kita sudah mengerti, mari kita hindari kebiasaan-kebisaan tersebut untuk menyelematkan bumi kita dari kehancuran. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef