5 Bahaya Jika Minum Obat Tanpa Pengawasan Dokter

Minum obat adalah cara yang paling cepat dalam menyembuhkan penyakit yang kita derita. Walaupun demikian minum obat juga tidak boleh sembarangan, salah minum obat bukan penyakit yang sembuh justru penyakit akan semakin parah atau bahkan akan muncul penyakit lainnya yang lebih berbahaya dan mengancam jika anda.

Minum obat sangat penting bagi orang yang sedang sakit, namun harus tetap dalam pengawasan dan resep dokter. Walaupun demikian kadang rasa malas sering melanda ketika ketidak ada biayaan untuk pergi ke dokter, akibatnya hanya pergi ke warung untuk membeli obat yang sama sekali tanda resep dokter.

Membeli obat di warung dan tanpa resep dari dokter memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang bermukim di perkampungan, alasannya adalah selain lebih praktis, membeli obat di warung juga lebih murah dibanding harus pergi kedoker. Alasan masyarakat memang benar, namun hal itu jika di lakukan secara terus-menerus akan berdampak bahaya bagi kesehetan tubuh kita. Terlebih jika kita tidak mengetahui kadar yang tepat dalam mengkonsumsi obat-obat tersebut. Oleh sebab itu hentikanlah kebiasaan tersebut karena ada beberapa bahaya yang mengancam jika anda minum obat tanpa pengawasan dan resep dokter. Berikut 5 bahaya minum tanpa pengawasan resep dokter.
5 Bahaya Jika Minum Obat Tanpa Pengawasan Dokter

1. Dosis tidak tepat

Bahaya pertama tentu dosis yang tidak tepat. Orang awam seperti kita tentu tidak mengetahui akan dosis yang terdapat dalam obat-obatan. Biarpun setiap obat mencantumkan seberapa banyak kandungan yang terdapat didalamnya. Namun anda tetap saja tidak boleh sembarangan, jika tidak anda bisa over dosis, oleh sebab itu anda harus konsultasikan terlebih dahulu akan obat anda, agar selalu aman untuk anda konsumsi dan penyakit cepat hilang.

2. Keracunan

Banyak orang yang mengkonsumsi multivitamin tanpa resep dokter. Hal ini tentunya sangat berbahaya, Beberapa multivitamin bisa menyebabkan keracunan, untuk menghindari ini anda harus konsultasi ke doker, jika anda malas untuk ke dokter, cukuplah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi.

3. Obat palsu

Obat palsu tentunya sangat berbahaya bagi tubuh kita, hal dikarenakan juga bisa menybabkan kematian. Sebagai orang awam kita tidak bisa membedakan mana obat asil ataupun obat palsu. Obat palsu yang terkontaminasi memiliki efek samping sangat berbahaya.

4. Kecanduang obat

Jika anda terus-terusan minum obat ketika sakit ringan, anda bisa kecandung obat tersebut. Jika hal ini terjadi pada diri anda tentunya berbahaya. Ketika anda terserang penyakit, tubuh akan gagal merespon terhadap suatu penyakit tersebut.

5. Berbahaya untuk ibu hamil

Jika anda sedang hamil tentunya anda harus lebih berhati-hati dibanding keadaan anda ketika sedang tidak hamil. Jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan ketika sedang hamil, bahkan harus di jauhkan. Dan ketika anda sakit baiknya anda konsultasikan ke dokter spesialis kandungan, hal ini agar nantinya tidak ada masalah terhadap kelahiran anak anda.

Demikianlah 5 bahaya jika minum obat tanpa pengawasan dan resep dokter. Minum obat memang cara tepat untuk menyembuhkan penyakit, namun salah dalam minum obat juga akan berakibat sangat fatal. Semoga informasi diatas bermnafaat. Terimkasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef