4 Cara Alami Dan Cepat Atasi Sembelit

Sembelit merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan karena sistem pencernaan yang bermasalah. Jika sembelit tidak segera diatas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Sembelit dapat mengakibatkan gangguan jantung yaitu terhentinya sistem peredaran darah, walaupun hanya sesaat, namun hal itu dapat membuat sel-sel jantung menjadi mati.

Agar anda bisa menangani masalah sembelit sedini mungkin, anda harus tahu apasaja gejala sembelit. Gejala sembelit diantaranya sulit buang air besar, buang air besar lebih sedikit dari 3 kali dalam seminggu, perasaan terjadi penyumabatan pada dubur, perasaan tidak selesai setelah buang air besar, dan lain sebagainya. Sembelit bisa terjadi pada siapapun hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya yaitu kekurangan cairan, kekuranag serat pada makanan, kurangnya aktivitas fisik dan lain sebagainya.

Nahh sahabat bagi anda yang sering mengalami masalah sembelit, anda harus segera mengatasinya. Ada beberapa cara alami untuk mengatasi masalah sembelit tapa anda harus pergi ke dokter. Berikut kami akan memberikan 4 cara alami dan cepat atasi masalah sembelit.
4 Cara Alami Dan Cepat Atasi Sembelit

1. Perbanyak minum air putih

Salah satu penyebab sembelit adalah karena kekurangan cairan atau dehitrasi. Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah sembelit salah satunya yaitu dengan memperbanyak minum air. Air mampu membantu proses pencernaan, dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Disarankan bagi kita untuk minum air minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Gerakan tubuh

Usahakan setelah makan anda bergerak selama 10 menit, anda jangan bermalas-malasan setelah makan. Dengan banyak gerak setelah makan, akan membuat usus semakin sehat.  Dengan demikian pencernaan akan sehat, buang air besarpun akan lancar.

3. Perbanyak makan buah dan sayuran

Tubuh yang kekurang serat merupakan penyebab utama tubuh mengalami sembelit. Untuk mengatasi ini tentu anda harus memenuhi kebutuhan serat anda dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

4. Minum kopi

Mungkin banyak yang bertanya, apa hubungannya kopi dengan sembelit. Tentu ada hubungannya, kafein dalam kopi dapat menstimulasi otot-otot pencernaan untuk bekerja lebih cepat. Walaupun demikian, anda juga tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengkonsumsi kopi. Anda juga bisa mengganntinya dengan jus kismis yang kaya akan serat untuk memperlancar buang air besar.

Demikianlah 4 cara alami dan cepat atasi sembelit. Sembelit meskipun sepele namun dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh termasuk kesehatan jantung anda, oleh sebab itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara mengatasi sembelit. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef