Tips Agar Anak Tetap Aman Dalam Mengakses Internet

Internet bukan lagi hal yang asing bagi semua orang termasuk anak-anak. Kehidupan sekarang ini tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Internet sudah menjadi kebutuhan semua orang. Namun banyak pula pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memberikan hal-hal negatif di internet yang pastinya berdampak buruk bagi seseorang terutama anak-anak.

Kemajuan tegnologi dan internet sudah tidak dapat terbendung lagi. Saat ini informasi apapun bisa kita dapatkan dari internet. Walaupun internet memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin mencari informasi. Internet juga bisa memberikan dampak buruk bagi orang yang salah dalam memanfaatkan internet, terutama anak-anak. Hal inilah yang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua akan semakin majunya dunia internet.

Bagaimana tidak khawatir? Ancaman pronografi, Cyber Bully, dan berbagai hal yang bersifat provokativ yang membuat para orang tua menjadi sangat khawatir. Oke, kali ini kami akan memberikan tips kepada para orang tua cara menjaga anak agar tetap aman dalam mengakses internet. Berikut tips agar anak tetap aman dalam mengakses internet.

Tips Agar Anak Tetap Aman Dalam Mengakses Internet

1. Berteman di sosial media 

Dengan berteman di sosial media dengan sang anak, orang dapat memantau timeline sosial media sang anak. Sebagai orang tua anad juga akan tahu siapa saja yang berteman dengan anak anda, apa yang anak anda bicarakan, dan berbagai hal yang disukai dan dipikirkan oleh anak anda. Anda juga dapat membuat group pribadi untuk keluarga anda sendiri.

2. Monitoring sofware

Anda dapat menggunakan internet sofware monitoring. Sofware tersebut akan terhubung dengan email anda, jadi anda bisa tau situs apa saja yang diakses, di download dan anda juga bisa tahu isi dalam percakapannya.

3. Bluetooth

Anda juga perlu mengatur bluetooth sang anak agar hanya dapat menerima kiriman file secara manual. Hal ini akan mebatasi anak dari kiriman file yang tidak terduga.

4. Filter content

Anda juga harus memilih situs-situs yang dapat membahayakan anak untuk anda blokir. Fitus pada search engine anda atur, sehingga anak anda tidak dapat menemukan situs-situs yang berbau pronografi atau situs provokatif lainnya.

Demikianlah cara menjaga anak agar tetap aman dalam mengakses internet. Kemajuan internet memang tidak bisa dibendung lagi, kita juga tidak bisa melarang anak kita untuk tidak mengakses internet. Namun untuk mencegah kekhawatiwan para orang tua. Anda bisa melakukan ke empat tips diatas. Semoga tips diatas tersebut bermanfaat. terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef