Sejarah Unik Logo Kapal Api Pada Kemasan Kopi

Bagi anda masyarakat Indonesia terutama para pecinta kopi tentunya tidak asingkan dengan logo kapal yang terdapat pada kemasan kopi merk "Kapal api". Produk kopi yang diproduksi oleh PT. Santos Jaya Abadi memang sudah lama sekali beredar di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanyal kopi kapal api sudah menjadi bagian dari hidup kebanyakan masyarakan Indonesia.

Namun tahukah anda, mengapa logo pada produk kopi bubuk tersebut bergambar kapal api?. Dalam sejarah diceritakan jika bos PT. Santos Abadi Jaya yang bernama Soedomo Mergonoto memiliki seorang ayah yang bernama Go Soe Loet yang merupakan seorang pelaut dipelabuhan tanjung perak Surabaya. Dari sanalah Soedomo sering melihat kapal laut hingga akhirnya tercipta logo bergambar kapal api, atau kapal laut.

Sejarah Unik Logo Kapal Api Pada Kemasan Kopi

Pada awalmulanya, Go Soe Loet membuka usaha pabrik kopi pada tahun 1927 secara kongsi bersama kedua saudaranya yaitu Go Bie Tjong dan Go Soe Bie. Ketiganya mendirikan pabrik penggorengan kopi di kawasan pabean, Surabaya dengan jumlah karyawan 1500 orang, Produknya di beri nama Kopi Bubuk Hap Hoo Tjan.

Produk kopi tersebut di jual keliling kampung menggunakan pikilan kayu dan sepeda. Pada zaman dulu sering berjualan di sekitar pelabuhan tanjung perak, melayani para pelaut yang sedang bersandar, Semakin hari pelanggan semakin banyak yang kebanyakan dari para pelaut, oleh sebab itu munculah ide logo kapal api untuk produk kopi tersebut.

Soedomo sendiri saat itu membantu menjual produk kopi ayahnya menggunakan sepeda ontel bersama dengan 2 rekannya yaitu Indra dan Soetekno. Dengan ketelatenan pemasaran produk kopi tersebut semakin meluas dan sukses. Hingga akhirnya produk kopi dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Pada perjalanan perkembangannya Hap Hoo Tjan mengalami kebangkrutan pada tahun 1981. Disisi lain pada tahun 1979, Soedomo mendirikan perusahaan yang diberi nama PT. Santos Jaya Cofee Company. Ketika Hap Hoo Tjan Bangkrut justru  PT. Santos Jaya Abadi berkembang pesat.

Hingga saat ini produk kapal api menjadi produk kopi terbesar di Indonesia. Dipulau jawa sendiri Kapal api mengusai sekitar 65% pasar. Sementara secara nasional Kapal Api mengusai 50% pasar. Saat ini kapal api memiliki banyak produk diantaranya Kapal api, ABC, Expresso Candy. God Day, Bontea Green dan Relaxa.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef