Hubungan Erat Puasa Dengan Kesehatan Tubuh Yang wajib Anda Ketahui

Puasalah maka kamu akan sehat, itulah salah satu hadist Rosulullah untuk umatnya. Puasa memang tidak hanya sedekar ibadah saja, namun juga dapat meningkatkan kesehatan kita. Sekarang ini kita berada dibulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah, bulan dimana orang islam sedunia menjalankan ibadah puasa. 

Puasa memberikan manfaat luar biasa terhadap kesehatan tubuh jika dilakukan dengan benar. Saat tubuh tidak mendapat asupan makanan, disitulah tubuh akan mengambil lemak untuk dijadikan sebagai tenaga, tentunya hal ini sangat baik bagi mereka yang memiliki lemak berlebih. Kita semua tahu jika lemak berlebih dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Dengan berpuasa lemak dalam tubuh akan berkurang.

Selain dapat mengurangi lemak dalam tubuh, puasa juga masih memiliki berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan. Berikut manfaat puasa untuk kesehatan.
Hubungan Erat Puasa Dengan Kesehatan Tubuh Yang wajib Anda Ketahui

1. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, puasa akan menjadi solusi bagi anda untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Puasa lebih efektih dalam menurunkan berat badan dibanding dengan melakukan program diet. Selama berpuasa lemak dalam tubuh akan terus dibakar.

2. Mempercepat metabolisme

Puasa juga membuat metabolisme menjadi lebih efisien. Puasa akan membuat sistem pencernaan beristirahat dan kemudian membuatnya bekerja lebih efien. Metabolisme makanan dan pembakaran akan berjalan lebih cepat dan fungsin ususpun akan menjadi lebih maksimal.

3. Memperbaiki pola makan

Bagi anda yang memiliki pola makan yang buruk, puasa dapat memperbaiki pola makan anda. Puasa menjadi terapi alami bagi anda yang memiliki pola makan yang buruk. Dengan berpuasa anda akan berikir makanan apa yang akan anda konsumsi, karena pada saat puasa, jam makan menjadi teratur, hal ini akan berdampak positif pada kesehatan anda.

4. Memperpanjang usia

Mungkin belum banyak yang tahu jika puasa dapat memperpanjang usia. Hal ini dikarenakan puasa dapat memperlancar proses metabolisme, dengan demikian anda akan terhindar dari penuaan. Selain itu dengan semakin sedikit makan, maka racun dalam tubuhpun akan ikut berkurang.

5. Meningkatkan sensitivitas insulin

Puasa telah terbukti memiliki efek positif pada sensitivitas insulin yang membuat tubuh menjadi lebih baik dalam mentoleris karbohidrat.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan dengan berpuasa dapat mengurangi kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas, mencegah peradangan, serta mengurangi pembentukan sel kanker.

7. Meningkatkan fungsi otak

Ketika kita berpuasa, otak akan memproduksi protein yang disebut brain-derived neorotrophic factor atau BDNF. BDNF akan mengaktifkan sel batang otak yang dirubah  menjadi neuron baru dan akan mempromosikan kesehatan saraf. Protein ini juga akan melindungis sel-sel otak anda dari penuaan yang dapat menyebabkan penyakit Alzhaimer atau Parkinson.

Demikianlah manfaat puasa bagi kesehatan tubuh. Orang nono muslim saja banyak yang berpuasa agar mendapatkan tubuh yang sehat, kita yang umat muslim harus lebih rajin dan bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Selain mendapat pahala, tubuh kitapun akan menjadi sehat. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef