Tragis, Salah Satu Pulau Di Jepang Bakal Habis Di Makan Serangga

Semua orang pasti tahu tentang sejarah Jepang yaitu hancurnya kota Nagasaki yang di bom atom tentara sekutu dalam Perang Dunia II. Kini kota bersejarah tersebut sudah tumbuh pesat dan menjelma menjadi kawasan perdagangan dan pemukiman di pesisiri Kyushu.

Di dalam kota Nagasaki tersebut terdapat peninggalan bersejarah yang di catat UNESCO yaitu Battleship island atau lebih dikenal dengan nama pulau Hoboro. Pulau ini seperti terisolasi karena di tinggalkan dan memang jauh dari keramaian.

Pada jaman dulu, pulai ini merupakan jalan pintas tercepat menuju kota Hiroshima, sekaligus penghasil tiram dan mutiara terbaik. Namun ternyata baru diketahui jika pulau tersebut di huni oleh jutaan serangga pemakan pulau yang memakan pulau tersebut. Kabarnya serangga inilah yang bakal menjadi penyabab tenggelamnya pulau Hoboro.

Tragis, Salah Satu Pulau Di Jepang Bakal Habis Di Makan Serangga

Hal ini sudah dibuktikan dengan ukuran pulau yang terus menyusut. Diketahui pada tahun 1725 pulau Hoboro memiliki luas sebesar 364 meter. Kemudian pada tahun 1825 pulau Hoboro menyusut menjadi 220 meter dan di tahun 1883 pulau Hoboro terpisah menjadi 2 pulau kecil dari sekumpulan batu-batu karang yang luasanya hanya sekitar 90 meter.

Tragis, Salah Satu Pulau Di Jepang Bakal Habis Di Makan Serangga
Ketika di lihat lebih dekat lagi, ternyata pulau tersebut dihuni jutaan serangga yang nampak asyik melahap bebatuan karang tersebut, bagaikan rayap yang sedang melahap kayu. Serangga berukuran kecil ini bersarang di lubang-lubang batu karang dan jumlahnya sangat banyak sekali.

Pulau Hoboro nampaknya hanya akan tinggal nama saja di masa depan. Hal ini dikarenakan pulau tersebut akan habis dimakan oleh jutaan serangga tersebut. Jika pemerintah Jepang tidak segera mengatasi masalah yang menimpa Hoboro ini, bukan tidak mungkin pulau Hoboro akan habis dimakan serangga kurang dari 100 tahun lagi.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef