6 Tips Ampuh Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

Berpuasa bukan menjadi alasan kita untuk malas-malasan. Walaupun menjalankan puasa, namun kita tetap harus beraktivitas seperti hari-hari biasa. puasa bukanlah halangan bagi kita untuk tetap bersemangat dalam melakukan aktivitas. Justru karena puasa tubuh kita akan menjadi lebih sehat dari biasanya.

Ketika kita berpuasa tubuh memang mendapatkan nutrisi yang jauh lebih sedikit di banding hari-hari biasanya. Oleh sebab itu, tubuh sering merasa lemas, lesu dan kurang bersemangat. Dalam menjalankan ibadah puasa pola makan kita akan berubah, kita harus lebih pandai dalam memilih makanan agar tubuh tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

Berbicara tentang menjaga tubuh agar tetap bugar dalam menjalanka ibadah puasa. Kami akan memberikan tips yang bisa anda coba agar anda tetap bugar dan semangat sepanjang hari walaupun anda berpuasa. Berikut 6 cara ampuh agar tetap bugar pada saat berpuasa.
6 Tips Ampuh Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

1. Hindari makanan instan

Segala hal yang instan itu tentunya akan berdampak tidak baik, begitu juga dengan makanan instan. Walaupun makan instan lebih praktis, namun makanan intans akan berdampak buruk pada kesehatan. Ketika kita mengkonsumsi makanan instan, tubuh akan lebih lama dalam mencerna makanan tersebut. Hal ini tentunyanya akan menjadi pemborosan tenaga. Selain itu makan instan yang telah dicerna juga tidak banyak yang bisa disimpan dalam glikogen.

2. Makan makanan berserat sat sahur

Saat makan sahur sebaiknya anda memilih makanan yang berserat dan berprotein tinggi.  Hal ini akan menjaga tubuh anda tetap berenergi sepanjang hari. Anda juga perlu menghindari makanan manis saat sahur, makanan manis yang dikonsumsi saat sahur akan membuat anda merasa lapar disiang hari.

3. Makan makanan manis saat berbuka

Berbeda dengan saat sahur, di saat berbuka kita justru dianjurkan untuk makan makanan yang manis-manis. Saat berbuka anda awali dengan makan buah-buahan yang manis seperti kurma dan lainnya, kemudian minuman manis baru kemudian anda makan makanan berat. Namun anda juga harus hindari minuman bersoda yang dapat membuat pencernaan terganggu ketika berpuasa.

4. Jangan makan langsung terlalu kenyang

Makan terlalu kenyang tentunya tidak baik. Begitu pula ketika berpuasa, baiknya anda berbuka dengan makanan yang manis dan ringan seperti buah-buahan atau kolak, baru setelah magrib atau setelah solat teraweh anda makan makanan berat.

5. Hindari makanan berlemak

Makanan yang berlemak seperti gorengan, makanan yang bersantan sukup sulit dicerna oleh tubuh. Hal akan membuat tubuh mengeluarkan banyak cairan, akibatnya tubuh menjadi lemas dan lesu.

6. Olah raga

Puasa bukan berarti tidak berolah raga. Olah raga tetap harus dijalankan karena olah raga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Namun anda juga jangan melakukan olah raga berat, cukuplah berjalan-jalan disore hari sebelum berbuka, atau sekalian ngabuburit.

Demikianlah 6 tips ampuh agar tetap bugar dalam menjalankan ibadah puasa. Agar tubuh anda tetap bugar dan puasa lancar, anda perlu melakukan ke enam tips diatas. Semoga tips diatas bermnafaat. Terimkasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef