Pertanyaan Yang Harus Berani Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja

Panggilan tes wawancara kerja merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu oleh pelamar pekerjaan. Namun terkadang karena minim pengalaman dan baru lulus dari Universitas membuatmu menjadi deg-degan dan kurang percaya diri. Nahh inilah yang harus kamu hindari, karena tes wawancara sangat menentukan apakah kamu akan lanjut ke tes berikutnya atau tidak diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Panggilan untuk tes wawancara kerja akan membuat kita merasa bahagia sekaligus was-was. Bayangan untuk bisa mendapatkan uang dengan hasil keringat sendiri sudah jelas terpampang didepan mata. Namun wawancara kerja bisa jadi merupakan kegiatan yang tidak mengenakan dan terkesan mengintimidasi. 

Tes wawancara kerja biasanya diakhiri dengan sesi tanya jawab. Nah inilah waktunya kamu untuk menonjolkan dirimu dari para pelamar yang lainnya. Agar dirimu nampak sebagai calon berkualitas, berikut kami akan memberikan beberapa pertanyaa yang bisa kamu ajukan saat wawancara.
Pertanyaan Yang Harus Berani Kamu Ajukan Saat Wawancara Kerja

1. Tunjukan ketertarikanmu terhadap perusahaan tempat kamu melamar

Semua perusahaan pasti memiliki tujuan kedepannya. Kamu bisa menanyakan visi dan misi perusahaan tersebut yang akan memberikan kamu gambaran tentang kondisi perusahaan kedepannya. Namun jika perusahaan tidak bisa menjelaskan visi misinya secara jelas, kemungkinan perusahaan tersebut masih baru berdiri dan belum tahu harus kemana akan melangkah.

2. Bertanya pekerjaan semacam apa yang akan kamu lakukan nantinya jika sudah diterima

Mungkin ketika kamu melihat lowongan pekerjaan disana sudah tertulis jelas bagian lowongan pekerjaan yang akan kamu lamar, sperti akuntan, IT, atau posisi lainnya. Namun di dalam informasi lowongan tersebut tidak dijelaskan secara detail pekerjaan apa yang akan dikerjakan oleh kandidat jika sudah diterima. Dari pada kamu menebak-nebak lebih baik kamu tanyakan langsung pekerjaan apa yang bakal kamu kerjakan jika sudah diterima nanti.

3. Bertanya mengenai ada atau tidaknya pelatihan bagi karyawan yang sudah diterima

Perusahaan selalu ingin menjadapatkan karyawan-karyawn terbaik. Bahkan perusahaan rela mengeluarkan biaya lebih agar karyawannya mengikuti kursus, seminar, atau lainnya agar kualitas karyawan semakin baik. Menanyakan apakah nanti ada atau tidaknya pelatihan bagi karwayan akan menunjukan bahwa dirimu adalah orang yang mau berkembang dan mau maju.

4. Apa yang diharapkan perusahaan darimu?

Apa yang diharapkan perusahaan dari kamu jika kamu sudah diterima menjadi karyawan?. Pertanyaan tersebut akan memberikan nilai plus buat kamu karena pertanyaan ini jelas menunjukan bahwa kamu benar-benar ingin mengerti apa yang perusahaan inginkan dari karywaannya yang mengisi posisi ini. 

5. Bertanya tentang budaya kerja yang ada di perusahaan tersebut

Kamu bisa menanyakan budaya kerja pada perusahaan tersebut. Seperti contoh, bagaimana cara kerja karyawan-karyawan di perusahaan tersebut, Apakah jam kantor sangat flexibel atau sebaliknya. Aktivitas apa saja yang dilakukan karyawan setelah jam kerja atau pertanyaan lainnya. Namun tentunya kamu cukup menanyakan satu pertanyaan saja. Pertanyaan ini mungkin akan sedikit sulit dijawab oleh orang yang mewancaraimu.

Demikianlah pertayaan yang harus berani kamu ajukan saat tes wawancara kerja. Semoga dengan adanya informasi ini kamu menjadi lebih percaya diri sangat menghadapi tes wawancara kerja. Semoga kamu bisa diterima di perusahaan tempatmu melamar pekerjaan and sukses selalu. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef