Orang Tingkok Ini Kehilangan Kekayaannya Sebesar Rp. 289 Trilliun Dalam 30 Menit

Ada yang bilang kekayaan bisa hilang dalam sekejap. Mungkin inilah yang dialami oleh milyader asal Tingkok bernama Pan Sutong. Setelah sempat menjadi prang terkaya no 4 di Tiongkok. Kini dia harus rela kehilangan kekayaannya sebesar Rp. 289 Trilliun hanya dalam waktu 30 menit. Sungguh apes asal Miliarder asal Tingkok ini.

Pan sutong awalnya sempat menjadi orang terkaya no 4 di Tiongkok versi Bloomberg Asia pekan lalu saat saham perusahaannya. Goldin Financial Holdings Ltd dan Goldin Properti Holdings Ltd melonjak lebih dari 350 persen.

Saat itu kekayaan Pans sutong bertambah sangat cepat dan lebih cepat dari Alibaba Group, Jack Ma, yang kekayaannya sebesar US$ 2,8 Miliyar dan Li Ka-Shing, yang naik US$ 4,6 Miliyar. Namun sungguh sayang, nasib menghampiri Pan Sutong. Pada rabu, 22 Mei kemarin, harga saham perusahana panel surya Hanergy milik Li Hejun terjun bebas kurang dari setengah jam.

Akibat hal tersebut, 2 hari kemudian perusahaan kembar Goldin mengikuti langkah Hanergi dan merugi sebesar US$ 20 Miliar.

Orang Tingkok Ini Kehilangan Kekayaannya Sebesar Rp. 289 Trilliun Dalam 30 Menit

Sebuah penyelidikan oleh Securities and Futures Commision Hongkong pada bulan maret terkait dnegan keuangan Goldin mengungkapkan bahwa 70,29 persen saham yang dikuasi Pan Sutong, ada 19 orang lain yang dikenalnya mengusai 28,29 persen saham perusahaannya.

Pada hari kamis esoknya, Pan kehilangan US$ 12,7 Miliyar, sehingga dia harus merelakan statusny sebagai orang terkaya di Asia jatuh ke peringkat 20.

Jatuhnya perusahaan-perusahaan Tiongkok tersebut membuat para investor bertanya-tanya. Ketika Li tidak datang kerapat umum pemegang saham tahunan Hanergy pada hari rabu, saham perusahaan tersebut jatuh 47 persen kurang dari 30 menit sebelum akhirnya dihentikan.

Sebelumnya saham Hanergy melonjak hingga 6 kali lipat dalam setahun hingga membuat perusahaan tersebut lebih berharga dari Sony Group. Namun bagi Pan Sutong, kehilangan uang sebesar US$ 22 Miliyar tak membuatnya putus asa.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef