7 Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Asam jawa atau orang jawa sering menyebunya asem adalah buah yang rasanya masam dan biasa di gunakan dalam bumbu kebanyakan masyarakat Indonesia sebagai penambah rasa asam pada masakan seperti sayur asam, kuah empek-empek. Buah asam sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Sudah dari dulu tanaman asam ini dikenal sebagai salah satu tanaman herbal.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Tamarindus Indica diperkirakan sampai ke Asia sekitar 5000 tahun yang lalu. Tanaman ini termasuk dalam keluarga Fabaceae dan berasal dari Afrika. Daging  buah asam mengandung bermacam-macam zat asam diantaranya asam tatrat, malat, sitrat, sukinat dan asetat.

Tanaman asam di kenal sebagai salah satu tanaman herbal. Hal ini dikarenakan asam memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Anda bisa menggunakan buah asam untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut ini adalah 7 khasiat asam jawa bagi kesehatan dan kecantikan.
7 Khasiat Asam Jawa Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

1. Menurunkan kolesterol

Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. banyak pantangannya. Nahh asam jawa ternyata juga dapat digunakan untuk menurunkan kolesterol. Cara cukup mudah yaitu ambil 200 gram daun asam jawa, kemudian anda tumbuk, tambahkan 200 ml air hangat kemudian anda saring dan anda minum 3 hari sehari.

2. Mengontrol berat badan

Salah satu senyawa unik yang dapat di ekstraksi dari asam jawa adalah asam hidrosisitrat. Senyawa ini dapat membantu menurunkan berat badan karena telah terbukti dapat menghambat enzim dalam tubuh yang secara khusus membantu menyimpan lemak. Selain itu asam jawa juga diketahui dapat menekan nafsu makan dengan meningkatkan neorotransmitter serotonin.

3. Fungsi saraf

Salah satu unsur vitamin yang paling signifikan dari asam jawa adalah B kompleks. Tiamin, salah satu bagian yang paling penting dari vitamin B, banyak di temukan dalam asam jawa. Tiamin bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf, dan pengembangan otot yang dapat membantu anda agar tetap aktif.

4. Mengobati sariawan

Sariawan merupakan penyakit yang sangat penyiksa. Ketika sariawan menyerang, makanan apapun menjadi terasa tidak enak. Nahh asam jawa juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan sariawan. Caranya yaitu satu genggam daun asam jawa cuci bersih dan 5 cm rimpang kunyit iris tipis-tipis. Anda rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas. Minum ramuan tersebut dipagi dan sore hari. Anda juga bisa menambahkan gula aren agar rasanya lebih enak.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tingginya kadar vitami C, serta efek anti oksidan pada asam jawa, membuat buah ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mencegah infeksi microba dan jamur. Buah asam jawa juga dapat mengurangi terjadinya parasit dalam tubuh kerena efek antiseptik dan antimikroba.

6. Mengangkat sel kulit mati

Kandungan alpha Hydrokxy Acids (AHA) dalam buah asam dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam. Caranya yaitu lumat daging asam jawa dengan sedikit garam dan yougurt hingga berbentuk adonan seperti pasta. Gunakan adonan tersebut sebagai masker, diamkan selama kurang lebih 20 menit kemudian anda bilas hingga bersih.

7. Mencerahkan kulit

Asam jawa juga dapat digunakan untuk mencerahkan kulit sekligus mengobati jerawat. Caranya hampir sama dengan  point sebelumnya. Yaitu lumat daging asam jawa dengan air hangat, tambahkan sedikit bubuk kunyik sehingga seperti adonan lulur. Gunakan adonan tersebut untuk lulur diamkan selama 15 menit hingga meresap kemudian anda basuh hingga bersih.

Demikianlah 7 Khasiat asam jawa bagi kesehatan dan kecantikan. Walaupun buah asam jawa sering dipandang sebelah mata, ternyata memiliki banyak sekali khasiat yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef