5 Negara Surga Batu Akik

Beberapa bulan yang lalu negara kita dilanda demam batu akik. Dari yang remaja, muda hingga tua semuanya pada berburu batu akik dimanapun berada. Sebagian mereka rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta demi mendapatkan batu akik yang mereka inginkan. Pesona batu akik memang bisa membius banyak orang.

Walaupun demam batu akik sudah tak seheboh beberapa bulan yang lalu, namun masih banyak para pecinta batu akik yang masih tetap memburu batu akik. Pameran-pameran toko batu akik pun tumbuh bak cendawan di musim hujan, berikut juga dengan jasa menggosoknya.

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akab sumber daya alamnya, termasuk batu akiknya. Namun ternyata selain Indonesia ternyata masih ada 5 negara lainnya yang bisa dibilang sebagai negara surga bagi penggemar batu akik. Berikut kelima negara tersebut.

1. Brazil


5 Negara Surga Batu Akik
Penemuan batu akik dan batu mulia lainnya di Brazil dimulai oleh bangsa Portugis pada abad ke 16. Eksplorasi batu mulia terus meningkat dan memuncak dalam 50 tahun terakhir. Brazil sendiri merupakan negara dengan sumber batu utama jenis amethyst, citrine, dan topas di dunia. Bersama dengan Srilangka, Brazil menjadi negara produsen batu aleksandrit dan mata kucing.

2. Srilanka


5 Negara Surga Batu Akik

Srilanka menjadi negara ladang batu akik dan batu mulia terbesar didunia. Srilanka memiliki 50 jenis batu akik. Pada jaman dahulu kala negara Srilanka pernah dijuluki sebagai negara Ratna Deepa atau pulau batu mulia. Sedangkan bangsa arab sendiri menyebut Srilanka sebagai negara Jazira Katkut yang berarti sama dengan Ratna Deepa. Di Srilanka orang bisa menemukan jenis batu akik dan batu mulia dengan kualitas terbaik.

3. Tanzania

5 Negara Surga Batu Akik

Negara di Afrika timur Tanzania ini menjadi produsen no satu batu akik dan batu mulia pada tahun 60an. Sekitar 50 jenis batu akik berhasil di identifikasi di Tanzania. Yang paling populer dan paling bagus adalah batu mulia jenis Tanzanit. Tambang batu mulia komersil di Tanzania membentang di bukit Merelani dikawasan Arusha, disebelah timur laut Tanzania.

4. Myanmar

5 Negara Surga Batu Akik

Selama ratusan tahun di negara Myanmar bagian Mogok dikenal sebagai wilayah penghasil batu akik dan batu mulia paling subur dinegara tersebut. Bahkan jenis batu mulia yang ditemukan di Mogok merupakan batu mulia dengan kualitas terbaik di dunia. Batu mulia berwarna merah yang disebut batu darah merpati menjadi primadona tidak hanya di Myanmar, namun dunia. Lembah Uru menjadi lokasi sumber batu mulia komersil dengan kualitas terbaik.

5. Kolombia

5 Negara Surga Batu Akik

Kolombia merupakan negara no satu untuk urusan batu jenis Zamrud. Daerah di Cordillera Oriental (bagian pegunungan Andes) menjadi sumber batu mulia tersebut. Muko di kenal dengan batu-batu berwarna merah. Pada tahun 90an warga sudah menggunakan metode modern untuk menambang batu-batu tersebut.

Demikianlah informasi tentang 5 negara surga batu aki. Jika anda pecinta batu akik, anda harus memiliki batu akik dari ke lima negara tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef