Fakta Mengejutkan Tentang Menara Eiffel

Menara Eiffel siapa yang tidak tahu dengan menara tertinggi di dunia ini. Menara Eiffel juga merupakan salah satu dari 5 keajaiban dunia. Selain merupakan salah satu keajaiban Dunia, menara Eiffel juga menjadi lambang cinta. Pada tanggal 31 maret 2015 kemarin menara Eiffel yang berada di Perancis ini genap berusia 126 tahun, usia yang pastinya tidak muda lagi kan.

Menara Eiffel di bangun dalam rangka pekan pameran dunia dan perayaan revolusi Perancis. Menara dengan bendera berkibar diatasnya tersebut diresmikan pada tanggal 31 maret 1889. Meskipun sempat mendapatkan berbagai kecaman dari masyarakat Paris dan para intelektual saat pembangunan, Menara ini sekarang menjadi simbol kota Paris yang tak pernah sepi di kunjungi ribuan wisatawan.

Berbicara tentang kemegahan menara Eiffel mungkin diantara kita ada yang belum mengerti fakta-fakta unik dan mengejutkan tentang menara yang menjadi lambang cinta tersebut. Menara Eiffel memiliki beberapa fakta unik dan mengejutkan, anda penasaran? Berikut fatka tentang menara Eiffel.
Fakta Mengejutkan Tentang Menara Eiffel

 

1. Angka 225

Mungkin banyak orang yang tidak tau arti angak 225 dalam menara Eiffel. Angka 225 menunjukan perjalanan panjang saat menara tersebut dibangun. Ya benar sekali, menara Eiffel dibangun selama 2 tahun 2 bulan dan 5 hari yang dimulai pada tanggal 26 januari 1887.

2. Menyusut 6 inci setiap tahun

Tahukan anda jika menara Eiffel dapat mengembang dan menyusut 6 inci setiap tahunnya. Menara Eiffel terbuat dari material logam yang dapat memuai bila terkena panas dan menyusut jika suhu udara sangat dingin. Maka dari itu menara eiffel dapat mengembang dan menyusut.

3. Memiliki berat 10 ton

Banyak orang yang tidak tahu jika menara Eiffel memiliki berat 10 ton. Dengan total berat yang begitu besar tentunya bukanlah pekerjaan mudah saat membangun menara yang menjadi lambang cinta ini.

4. Sempat akan diruntuhkan

Menara Eiffel di bangun untuk memperingati Revolusi Perancis dan memamerkan kekuatan industri Perancis kepada Dunia. Namun setelah 20 tahun berdiri kokoh, orang-orang sempat ingin meruntuhkannya. Namun menara Eiffel telah membujuk mereka untuk tidak meruntuhkannya sehingga tetap kokoh hingga sekarang.

5. 103 ribu Kilometer

Tahukah anda jika jarak perjalan lift pada menara Effel setiap tahunnya sepanjang 130 ribu Kilometer atau setara dengan dua setengah kali keliling bumi.

6. 7.799.401,31

Menara Eiffel merupakan bangunan megah yang dibangun dengan menghabiskan total biasa sebanyak 7,7 juta Euro atau setara dengan 101 juta rupiah. Namun itu dihitung dalam kurs Euro pada tahun 1880an, jika dinominalkan di jaman sekarang pastinya jumlah tersebut sangat banyak sekali.

7. Hitler memerintahkan untuk merubuhkan menara Eiffel

Pada perang dunia ke 2, Hitre pernah memerintahkan kepada gubernur militer Jerman di Perancis untuk meruntuhkan menara Eiffel tersebut pada tahun 1944, Namun gubernur tersebut menolak perintah Hitler.

8. 41 tahun menjadi banguan tertinggi didunia

Menara Eiffel merupakan salah satu bangunan tertinggi didunia. Pada jaman dulu sebelum banyak bangunan-bangunan tinggi seperti sekarang ini, menara Eiffel merupakan banguan tertinggi di dunia dan bertahan hingga 41 tahun sampai dibangunnya gedung Chrysler di New York, Amerika Serikat.

Demikianlah Fakta mengejutkan tentang menara Eiffel. Semoga anda terhibur dengan informasi tersebut. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef