7 Tips Agar Staminamu Tetap Prima Saat Mendaki Gunung

Saat mendaki gunung, stamina pastinya sangat dibutuhkan. Tubuh yang kuat segar dan berstamina sangat mendukung anda dalam menaklukan puncak gunung. Banyak para pendaki yang tidak bisa melanjutkan perjalanan hingga kepuncak dikarenakan kondisi tubuh yang tidak memungkinkan seperti capek, sakit atau hal lainnya.

Bagi para pendaki, melangkah menuju puncak merupakan hal yang sangat mendebarkan. Meski dilanda rasa lelah dan medan yang begitu sulit, semuanya akan terbayar ketika para pendaki sampai kepuncak. Pemandangan indah akan menghapus semua rasa lelah para pendaki.

Mendaki gunung memang sangat menyenangkan dan selalu membuat siapun rindu dengan suasana pendakian. Namun dalam mendaki gunung juga memiliki resiko, diantara berbagai penyakit yang bisa menyerang kapan saja ketika anda sedang dalam perjalan pendakian. Agar dalam pendakian anda aman dan untuk mencegah penyakit menghampiri anda. Anda perlu melakukan 7 tips ini.
7 Tips Agar Staminamu Tetap Prima Saat Mendaki Gunung

1. Berdoa

Bedoa walaupun sulit dibuktikan secara ilmiah, namun berdoa sangat penting dilakukan saat anda mengawali segala aktivitas apapun, termasuk sebelum melakukan pendakian. Doa bisa membantu pikiran anda tetap positif dan membuat anda dalam keadaan beruntung. Jadi sebelum anda melakukan pendakian baiknya anda dan teman-teman anda melakukan doa bersama terlebih dahulu untuk keselamatan dan kelancaran selama perjalanan pendakian.

2. Melakukan perenggangan sebelum dan sesudah melakukan pendakian

Berolah raga secara rutin atau melakukan perenggangan  sebelum melakukan pendakian akan membantu memulihkan otot dengan cepat dan mencegah keram. Jika anda langsung melakukan pendakian tanpa pemanasan terlebih dahulu, bukan tidak mungkin ditengah perjalanan anda akan merasa pegal-pegal, badan terasa kaku dan keram sehingga sangat mengganggu perjalanan anda. Untuk menghindari ini baiknya anda jauh-jauh hari melakukan olah raga secara rutin atau setidaknya melakukan pemanasan sebelum melakukan pendakian.

3. Minum air secukupnya

Saat melakukan pendakian, tubuh melakukan aktivitas fisik yang membuat kekurangan cairan. Pendakian merupakan aktivitas fisik yang membakar kalori, walaupun udara terasa dingin, namun tubuh anda akan tetap mengeluarkan keringat. Aktivitas ini tentunya memicu dehidrasi dan kekurangan cairan. Kondisis seperti ini akan berakibat fatal jika di biarkan, namun banyak pendaki yang mengabaikan hal ini. Untuk mengurangi resiko anda mengalami dehidrasi, anda harus minum air secukupnya. Jika dihari biasa anda minum air sebanyak 2 liter, mungkin saat mendaki anda bisa minum 5-6 liter.

4. Lindungi kulit dari sinar Ultraviolet

Udara dipegunungan memang dingin dan sejuk, namun anda juga tidak boleh membiarkan kulitmu terkena sinarmatahari secara langsung. Sinarmatahari memang sehat namun jika anda mengabaikan hal ini, kulit anda bisa terbakar dan terasa perih. Selalu gunakan jaket dan celana panjang atau pakaian tertutup lainnya. Gunakan juga masker untuk melindungi bibir anda dari pecah-pecah.

5. Persiapan yang cukup

Udara di pegunungan sangat dingin, tentunya persiapan anda harus cukup dan memadahi. Tidak hanya udara dingin saja, namun cuaca buruk juga kerap menghantui para pendaki. Untuk itu anda harus benar-benar melakukan persiapan dan bekal yang cukup.

6. Jangan terlalu tergesa-gesa ingin cepat sampai puncak

Saat melakukan pendakian, kondisi udara tentunya jauh berbeda dengan yang ada di tempat tinggal kita. Tubuh akan melakukan penyesuaian, anda tidak boleh menganggap remeh hal ini, walaupun tidak kasat mata, namun jika tubuh anda tidak dapat melakukan penyesuaian secara sempurna, bukan tidak mungin anda akan terserang penyakit mountain sikness di atas gunung. Gejala mulai dari mual, lemas, tidak nafsu makan. Hal ini sangat berbahaya, karena jika di biarkan pendaki bisa kehilangan nyawa.

7. Selalu bawa obat-obatan

Tubuhmu berbeda dengan orang lain, kamu yang paling paham dengan keadaan tubuhmu, penyakit apa yang kamu derita dan obat apa yang kamu perlukan. Walaupun mungkin kamu tidak menderita penyakit apapun, bukan berarti kamu tidak perlu membawa obat-obatan. Ingat di dalam perjalan pendakian segala hal bisa terjadi seperti kecelakaan atau lain sebagainya, dan disana tidak ada dokter ataupun apotek. Jadi anda harus persiapkan obat dari rumah.

Demikianlah 7 tips agar staminamu tetap prima saat mendaki gunung. 7 tips ini sangat penting bagi anda yang berencana melakukan pendakian. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef