Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Makanan Dan Minuman Ini Ternyata Bikin Tulang Keropos

Makanan. semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan tidak terkecuali manusia. Makanan sangat di butuhkan makhluk hidup karena makananan merupakan bahan yang dibutuhkan tubuh untuk kelangsungan hidup. Makanan sendiri berfungsi sebagai sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain sebagai sumber energi makanan juga berfungsi sebagai penghasil kalori, pengatur suhu tubuh  dan sebagai perlindungan tubuh.

Semua makhluk hidup memang membutuhkan makanan untuk tetap bertahan hidu. Namun dalam mengkonsumsi makanan kita juga tidak boleh sembarangan. Kita harus pintar dalam memilih makanan dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh, bukan malah sebaliknya. Karena tidak semua makanan baik untuk tubuh.

Di alam ini kita telah disediakan berbagai macam sumber makanan. Semua sumber makanan tersebut juga bisa berdambak baik atau buruk terhadap tubuh kita. Dalam hal demikian kami akan memberikan informasi tentang makanan yang ternyata bikin tulang anda keropos. Berikut 5 makan bikin tulang keropos.

1. Soda

5 Makanan Dan Minuman Ini Ternyata Bikin Tulang Keropos

Jika anda penggemar soda maka berhati-hatilah. Mulai sekarang batasilah mengkonsumsi soda demi kesehatan tulang anda. Hal ini dikarenakan soda dapat membuat tulang menjadi keropos. Soda mengangdung asam fosfat, aditif makanan yang dapat melemahkan usus dan menghambat penyerapan kalsium.

2. Alkohol

5 Makanan Dan Minuman Ini Ternyata Bikin Tulang Keropos

Semua juga tahu jika alkohol tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu dari sekarang anda harus menghindari alkohol. Selain menjadin pemicu timbulnya berbagai penyakit, alkohol juga dapat membuat tulang menjadi keropos. Konsumsi alkohol yang krosnis berkontribusi pada penurunan massa tulang, penurunan pembentukan tulang, peningkatan insiten tulang patah, dan memperlambat penyembuhan keretakan pada tulang.

3. Makana tinggi sodium

5 Makanan Dan Minuman Ini Ternyata Bikin Tulang Keropos

Sodium memang baik untuk tubuh kita, namun perlu anda ketahui tingginya sodium sangat tidak baik bagi kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan garam diketahui penyebab ekskresi kalsium yang berlebihan melalui ginjal. Untuk menjaga kesehatan tulang, anda direkomendasikan untuk membatasi asupan garam.

4. Kafein

5 Makanan Dan Minuman Ini Ternyata Bikin Tulang Keropos

Kafein memang baik untuk tubuh dengan catatan dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Namun sebaliknya kafein akan sangat berbahaya jika di konsumsi dalam jumlah lebih. Hal ini dikarenakan kafein dapat melarutkan kalsium dari tulang, serta melemahkan kekuatan tulang. Setiap 100 miligram kafein yang anda konsumsi dapat menghilangkan 6 miligram kalsium. Hal tersbeut akan diperparah jika kafein yang anda konsumsi dipadukan dengan gula, tentunya akan sangat merugikan tulang anda.

5. Makanan berpemanis

5 Makanan Dan Minuman Ini Ternyata Bikin Tulang Keropos

Makanana berpemanis sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh anda. Makanan pemanis dapat menyebabkan anda terserang penyakit diabetes yang dapat pula memicu penyakit-penyakit lain. Selain itu makanan berpemanis juga berdampak buruk pada kekuatan tulang anda. Kelebihan gula dapat menghambat penyerapan kalsium dan menghabiskan fosfor, juga mineral pentinglainnya yang mendorong penyerapan kalsium. 

Demikianlah informasi tentang makanan dan minuman yang bikin tulang keropos. Dokter menganjurkan kita untuk mengkonsumsi buah plum, cranberry, dan buah-buahan lainnya yang kaya anti oksidan untuk mendukung kesehatan tulang. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.