4 Kengerian Letusan Gunung Di Indonesia Yang Membuat Dunia Merana

Indonesia memang terkenal dengan negara yang memiliki banyak gunung berapi dan masih aktiv. Bahkan banyak letusan gunung-gunung berapi di Indonesia yang membuat Dunia merana nyaris tak tersemtuh sinar matahari hingga berhari-hari.

Letusan dasyat gunung yang ada di Indonesia tidak hanya membuat kekalutan di Nusantara saja, namun juga membuat seleuruh dunia ketakutan. Akibat letusan dasyat tersebut banyak peradapan yang hilang. Ribuan orang tewas karena perisriwa letusan gunung yang ada di Indonesia.

Letusan gunung yang sedang ramai dibicarakan dunia internasional adalah letusan gunung Tambora. Gunung Tambora pernah meletus begitu dasyat 200 tahun yang lalu. Namun tidak hanya letusan gunung Tambora yang pernah membuat dunia cemas dan merana. Total ada 4 letusan gunung di Indonesia yang pernah membuat Dunia merana, Gunung apasajakah? Berikut 4 letusan gunung yang membuat Dunia merana.

1. Gunung Tambora

4 Kengerian Letusan Gunung Di Indonesia Yang Membuat Dunia Merana

Gunung Tambora memang memiliki panorama keindahan alam yang luar biasa. Namun sejarah dari keindahan alam tersebut sungguhlah sangat tragis. Gunung yang memiliki tinggi 2851 meter di atas permukaan laut ini sebelumnya memiliki tinggi 4300 meter. Separuh tingginya hilang dikarenakan letusan dasyat yang terjadi di tahun 19815. Teletusan dasyat tersebut sempat  mengacaukan dunia. Gunung yang terletak di Bima, Nusa Tenggara Barat ini telah memusnahkan 3 kerajaan hingga tidak tersisa ketika meletus. Bukan hanya itu saja, letusan Tambora juga mengguncang  bumi hingga jarak ratusan mil. Letusan tersebut membuat siang hari gelap gulita. Debu yang di keluarkan membuat tanaman yang ada di pulai bali musnah. Debu tersebut terbang mengelilingi dunia dan merobek lapisan Ozon di trofosfer selama bertahun-tahun. Hujan tanpa henti selama 8 minggu memicu epidemi tifus dan menewaskan 65.000 warga inggris dan memicu gagal panen di Cina dan Eropa.

2. Gunung Toba Purba

4 Kengerian Letusan Gunung Di Indonesia Yang Membuat Dunia Merana

Warga Indoseia siapa yang tidak mengenal Danau Toba. Danau terluas di Indonesia tersebut ternyata terbentuk dari letusan maha dasyat sebuah gunung bernama gunung Toba. Di perkirakan gunung toba meletus 70 ribu tahun yang lalu. Akibat letusan dasyat tersebut suhu dunia turun derastis dan membuat makhluk purba banyak yang punah. Karena letusannya yang luar biasa membuat gunung Toba runtuh dan melahirkan kaldera yang kemudian di penuhi air yang disebut dengan Danau Toba.

3. Gunung Krakatau

4 Kengerian Letusan Gunung Di Indonesia Yang Membuat Dunia Merana

Pada tanggal 27 agustus 1883 Gunung Krakatau meletus dasyat hingga membuat Indonesia dan beberapa negara lainnya gelap gulita. Konon akibat letusan Krakatau iklim dunia dingin sekitar 1,2 celcius selama 5 tahun. Krakatau meledak sebanyak 4 kali pada tanggal 27 agustus 1883 dan ledakan yang terakhir membuat dua per tiga krakatau hancur. Selain awan gelap dan abu vulkanik yang menyelimudi dunia, stunami setinggi 36 meterpun terjadi dan menyapu bersih daerah di sekitar Krakatau. Bahkan orang yang berada di Amerika dan Inggris tidak bisa melihat matahari dengan jelas karena atsmosfer tertutup oleh partikel krakatau. Tidak di hanya itu saja, di New york, Amerika serikat sempat hujan kerikil dan abu vulkanik dari Krakatau. Kekuatan ledakan Krakatau setara dengan 200 megaton TNT. 13 ribu kali ledakan bom atom yang tejadi di Hirosima jepang saja hanya sekitar 50 megaton TNT. Ledakan di Hirosima saja sudah begitu mengerikan, Bisa di bayangkan kekuatan ledakan kratakau mencapai 52 ribu kali ledakan bom atom yang ada di Hirosima Jepang. Ledakan Krakatau ini lebih dasyat di bandingkan dengan ledakan di Tambora.

4. Gunung Samalas

4 Kengerian Letusan Gunung Di Indonesia Yang Membuat Dunia Merana

Selama ini banyak orang yang mengira letusan Krakatau dan Tambora merupakan paling dasyat di Indonesia. Namun ternyata masih ada satu gunung lagi yang lebihh dasyat dari keduanya. Gunung tersebut adalah gunung Salamas yang terletak di Lombok. Gunung Samalas meledak pada tahun 1257. Sangking dasyatnya letusan gunung samalas membuat gunung ini hilang dan menciptakan kaldera yang di sebut dengan anak segara. Akibat letusan Samalas yang sungguh luar biasa, menjadikan perubahan iklim bumi secara mendadak. Bahkan abu dan serpihannya di temukan di es yang berada di kutup utara dan kutub selatan. Sebelumnya para peneliti menganggap bahwa perubahan iklim mendadap diakibatkan letusan gunung Okataina di Selandia baru dan Meksiko, namun bukti lain menyebutkan bahwa letusan Samalaslah yang membuat perubahan iklim dunia.

Demikianlah informasi letusan gunung di Indonesia yang pernah membuat dunia merana. Beruntunglah kita yang tidak hidup dijaman saat gunung tersebut meletus. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan Terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef