Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Gunung Kelud Yang Tidak Banyak Di Ketahui Orang

Gunung kelud adalah sebuah gunung berapi yang terletak di provensi jawa timur. Gunung merapi ini masih aktif dan berada di perbatasan kabupaten Kediri, Blitar dan Malang. Kira-kira 72 Kilometer sebelah timur pusat kota Kediri. Gunung kelud merupakan gunung berapi yang paling aktif di Indonesia. Sejak tahun 1000 M, Gunung Kelud sudah meletus sebanyak 30 kali.

Setiap apa yang ada di dunia ini pasti ada yang namanya asal-usul juga misteri. Begitu juga dengan misteri yang ada di gunung Kelud. Meski ada beberapa orang yang menganggap misteri ini hanyalah mengada-ada. Namun banyak juga yang menganggap misteri ini memang benar adanya.

Gunung Kelud yang meletus setahun yang lalu ini ternyata menyimpan banyak cerita misteri. Misteri yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Nahh anda penasaran misteri apasajakah yang ada di Gunung Kelud? Mari kita simak informasi di bawah ini.
Misteri Gunung Kelud Yang Tidak Banyak Di Ketahui Orang

1. Legenda penghianatan cinta

Konon katanya terbentuknya gunung Kelud tak lepas dari penghianatan cinta Lembu Sura. Pada jaman dulu Raja Brawijaya memiliki putri cantik yang bernama Dyah Ayu Pusparani. Pada waktu itu Putri Dyah membuka saembara untuk mencari calon suami. Dan  Lembu Sura lah yang menjadi pemenangnya saat itu. Lembu Sura sendiri adalah seorang manusia berkepala kerbau atau lembu yang sakti mandraguna. Namun putri Dyah enggan menikah dengan Lembu Sura dengan mencari berbagai cara. Putri Dyah menantang Lembu Sura untuk membuat sumur di puncak keluda dalam waktu semalam. Sebenarnya sumur tersebut hampir jadi, namun prajurit kerajaan Dyah Ayu langsung menimbum Lembu Sura hidup-hidup. Sehingga di percaya letusan Kelud yang terjadi ini adalah kutukan dari Lembu Sura.

2. Tempat keris empu gandring terkubur

Orang Indonesia pasti tahu kan dengan empu gandring, Dia adalah pembuat keris yang sangat sakti di jaman kerajaan Singosari. Dia telah membuat keris sakti yang berhasil membunuh ken arok, keboijo, anusapati dan dirinya sendiri. Konon Hayam wuruk raja terbesar kerajaan Majapahit menghancurkan aura jahat keris empu Gandring dari raja Singosari  di Kawah Kelud ini,

3. Bidadari penunggu kawah

Menurut warga sekitar  Kelud dijaga oleh sepasang buaya putih yang merupakan jelmaan dari bidadari. Konon cerita yang beredar dulu kedua bidadari tersebut mandi didanau tersebut dan melakukan hal yang tidak senonoh dengan berhubungan intim sesama jenis. Dewa yang mengetahuinya menjadi murka dan mengutuknya menjadi buaya.

4. Adanya jalan misterius

Saat anda menuju gerbang wisata gunung Kelud ada jalan misterius yang bisa membuat kendaraan anda berjalan sendiri meski mesin dimatikan. Beberapa ahli mengungkapkan jika disana ada daya magnet yang kuat, namun banyak warga yang menganggap hal tersebut adalah mistis.  Hingga sampai saat ini belum ada yang bisa menjelaskan secara pasti kenapa mobil bisa berjalan sendiri.

5. Dilindungi kerajaan Daha

Letusan gunung kelud bisa disebut lebih parah dibandingkan gunung merapi dan sinabung. Namun tidak begitu memakan korban. Salah satu paranormal kondang Heru Susilo mengungkapkan jika ada campur tangan kerajaan Daha. Kerajaan Daha adalah kerajaan tertua di tanah jawa yang masih banyak memiliki keturuna di sekitar kelud. Konon katanya kerajaan Daha tidak pernah rela jika letusan Kelud meluluh lantakan daerah kekuasan mereka. Bahkan ritual Daha bisa membuat abu vulkanik menjadi terkontrol.

6. Lahirnya para pemimpin Indonesia

Banyak raja-raja jaman dulu yang lahir berbarengan dengan terjadinya letusan gunung kelud, yang paling terkenal adalah lahirnya raja majapahit Hayam Wuruk pada tahun 1334. Hayam wuruk lahir betsamaan dengan meletusnya kelud dan gempa bumi di panbayu serta serta sumpah palapa dan Mahapatih Gajah mada. Ir Sukarno yang merupakan presiden no 1 di Indonesia juga terlahir 2 pekan setelah Kelud meletus. Sehingga banyak yang menduga letusandi kelud banyak melahirkan calon-calon pemimpin Indonesia.

Demikianlah Misteri Gunung Kelud Yang Tidak Banyak Di Ketahui Orang. Bagaimana menurut sahabat, apakah anda percaya? Semoga informasi tersebut menambah pengetahuan anda dan terimakasih.