Karena Kerja 48 Jam Buruh Pembuat iPhone ini meninggal Dunia

Pabrik iPhone di China baru-baru ini digegerkan karena salah satu karyawannya meninggal dunia diduga karenakan kecapekan bekerja. Tian Fulei, 26 tahun adalah nama karyawan pabrik iPhone yang meninggal tersebut. Dia meninggal setelah bekerja selama 12 jam sehari, dan 7 hari dalam sepekan.

Usai Kerja 48 Jam Buruh Pembuat iPhone ini meninggal Dunia

Tian Fulei meninggal dunia pada tanggal 3 februari kemarin di asrama pabrik diPegatron, dekat Sanghai. Pegetron adalah pabrik iPhone terbesar di China.

Pengadilan setempat menyatakan Tian Fulei mati mendadak, namun jasatnya tidak pernah di otopsi. Keluarga Tian menyatakan jika Tian kerap kerja lembur di perusahaan pembuat iPhone tersebut. Dua bulan lalu sebuah tayangan dokumenter investigasi BBC panorama mengungkapkan bagaimana para buruh dipabrik tersebut bekerja keras hingga kualahan.

Adik Tian menyalahkan perusahaan yang selalu memberi lemburan pada karyawannya, sehingga kakaknya tersebut meninggal dunia. Karena sebelumnya kakaknya sehat-sehat saja. 

Adik Tian mengungkapkan kata perusahaan kakaknya tidak bekerja pada hari tersebut dikarenakan sakit flu dan istirahat di asrama. Namun mayatnya baru diperiksa pada malam hari sedang kematian kakaknya di nyatakan sekitar jam 9 pagi.

Tian Fulei digaji Rp 3,6 juta dalam sebulan oleh perusahaan Pegatron. Tian bekerja di perusahaan tersebut selama 6 bulan di tahun 2012 dan kembali lagi di bulan November tahun kemarin.

Tian selalu kerja lembur sehingga total dia bekerja selama yaitu 12 jam dalam sehari. Dalam undang-undang di China pekerja pabrik boleh bekerja lembur maksimal 36 jam dalam sebulan. Sedangkan rata-rata buruh di perusahaan Pegatron bekerja selama 55 jam dalam sepekan.

Pegatron membantah jika kematian karyawannya tersebut dikarenakan kelelahan akibat kerja lembur. Namun ada laporan bulan lalu yang mengatakan bahwa September hingga november lalu, para buruh di Pegatron rata-rata bekerja di atas 60 jam dalam sepekan.

Kematian Tian ini tidak hanya mengungkap sistem kerja yang diluar batas jam kerja, namun juga mengungkap kecilnya gaji para buruh pembuat iPhone tersebut. Padahal sebelumnya Apple mengumumkan jika mereka meraup untung sebesar Rp 232 Trilliun, angka yang sangatlah besar. Dan iPhon pun telah terjual lebih dari 74,5 juta ponsel hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef