Kenali 5 Gejala Anemia Pada Anak

Anemia adalah suatu kondisi tubuh yang terjadi ketika sel-sel darah merah atau hemoglobin (hb) yang sehat dalam darah berjumlah dibawah nilai normal. Anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti Kehilangan banyak darah, produksi sel darah merah yang menurun atau kerusakan pada sel darah merah.

Anemia bisa menyerang siapa saja termasuk anak kecil. Kekurangan zat besi dan protein dapat mempengaruhi pertumbuhan hemoglobin dan sel darah merah. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan suplai oksigen keseluruh tubuh.

Anemia yang terjadi pada anak di sebabkan oleh hal yang berbeda. Bisa terjadi karena cidera atau penyakit. Kurang zat besi atau kegagalan tubuh dalam menyerap zat besi yang ada pada makanan yang dikonsumsi. Untuk bisa menganani hal tersebut sebagai orang tua anda harus mengetahui gejala-gejala anemia pada anak-anak. Berikut 5 gejala anemia pada anak.
Kenali 5 Gejala Anemia Pada Anak

1. Tidak nafsu makan

Jika anak anda kehilangan nafsu makan, anda harus waspada, karena bisa jadi anak anda mengalami anemia. Anak anda cenderung diam dan tidak suka bergerak. Malas  melakukan aktivitas layaknya bocah seumurannya.

2. Kulit yang pucat

Kekurangan sel darah merah juga akan membuat kulit terlihat pucat. Nahh jika anak anda memiliki kulit pucat yang tidak biasanya. Bisa jadi anak anda mengalami anemia. Anda harus segera mencegahnya dengan cara memberinya nutrisi penambah darah. Seperti memberi makanan  yang banyak menganding protein atau zat besi.

3. Lesu dan mudah lelah

Salah satu ciri-ciri orang yang terkena anemia adalh mereka akan terihat lesu mudah lelah dan tidak bersemangat dalam beraktivitas. Hal ini disebabkan oksigen tidak tersuplai sempurna keseluruh tubuh. Organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik dan akhirnya tubuh akan lesu dan mudah lelah.

4. Sesak nafas

Anak yang menderita anemia tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk menyuplai oksigen keseluruh tubuh. Sehingga membuatnya kekurangan oksigen di jantung yang menyebabkan dia sesak nafas.

5. Mudah terkena infeksi

Rendahnya Hemoglobin pada tubuh membuat turunnya sistem imun pada tubuh. Akibatnya tubuh akan gampang terkena penyakit dan infeksi. 

Demikianlah Informasi tentang 5 Gejala Anemia Pada Anak. Dengan mengenali gejala tersebut maka anda akan lebih mudah dalam melakukan penanganan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef