Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli. Kita sering mendengar kata manajemen, namun tahukan apa sebenarnya pengertian manajemen yang sesungguhnya. Kata manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu "manage" yang berarti mengurus, mengelola, mengurus, mengusahakan, dan memimpin. Sedangkan menurut Etimologis, manajemen berasal dari bahasa Perancis yang berarti mengatur atau melaksanakan. Belum ada kata yang bisa diterima secara Universal, para ahli berbeda-beda dalam mendefinisikan kata manajemem. Kali ini berita unik akan membahas tentang pengertian manajeme.

1. Drs. Oey Liang Lee

Manajemen adalah seni dan ilmu perencaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia  untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Mary Parker Follet

Manajemen adalah sebuah seni (management is an art). Setiap pekerjaan dapat diselesaikan oleh orang lain.

3. James A.F. Stoner

Manajemen adalah Proses perencanaan, pengorganisasian, dan menggunakan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

4. Konzt

Manajemen adalah seni paling produktif selalu di dasarkan pada pemahaman akan ilmu yang mendasarinya. Oleh karena itu, seni dan ilmu bukannya saling bertentangan satu sama lain, akan tetapi saling melengkapi.

5. R. Terry

Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengirganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

6. Wilson Bangun

Manajemen adalah Rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya. Proses merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis.

Dari definisi para ahli dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu seni, ilmu dan proses dalam melaksanakan aktivitas-aktivitasnya, pengorganisasian, seperti perencanaan, penyusunan personalia dan pengawasan dengan memanfaatkan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

Ditinjau dari segi fungsinya Manajemen di bagi menjadi 4 yaitu:

1. Manajemen perencanaan

Perencanaan melibatkan urusan memilih tugas yang harus dilakukan untuk mempertahankan tujuan organisasi, menjelaskan bagaimana tugas dilaksanakan, dan memberi indikasi kapan tugas harus dilaksanakan.

Aktivitas perencaan memfokuskan pada mempertahankan tujuan. Para manager menegaskan secara jelas apa yang organisasi harus lakukan agar berhasil. Perencanaan fokus pada kesuksesan dari organisasi dalam jangka watu pendek juga jangka waktu panjang.

2. Manajemen pengorganisasian

Pengorganisasian yakni memberi tugas sebagai hasil dari tahapan perencanaan. Tugas tersebut diberikan kepada beragam indivitu atau grop dalam organisasi. Mengorganisir adalah untuk menciptakan mekanisme untuk menjalankan rencana.

3. Manajemen pengaruh

Pengaruh merupakan sebuah motivasi, kepemimpinan, atau arah. Pengaruh dapat didefinisikan sebagai bimbingan dari aktivitas dari anggota organisasi dalam arah yang dapat membantu organisasi lebih kearah  untuk mencapai hasil atau target.

4. Manajemen Pengendalian

Pengendalian merupakan sejumlah peranan yang dimainkan oleh para manajer:  
- mengumpulkan informasi untuk mengukur performa
- Membandingkan performa masa kini dengan sebelumnya
- Menentukan aksi selanjutnya dari rencana dan melakukan modifikasi untuk menuai parameter performa yang diharapkan

Demikianlah pengertian mengenai Manajemen. Semoga informasi yang kami sampaikan memberikan manfaat untuk sobat dan terimaksih.



Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef