Anda Tidak Suka Susu, Penuhi Kebutuhan Kalsiummu Dengan 8 Makanan Ini

Susu adalah minuman yang kaya akan gizi, protein dan lemak yang sangat tinggi. Segelas susu juga dapat memenuhi kebutuhan 30% kalsium  harianmu. Susu merupakan salah satu dari makanan 4 sehat 5 sempurna, susulah yang membuat makanan menjadi sempurna. Wajar jika susu merupakan sumber nutrisi yang sangat penting.

Susu memang sumber nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita, namun yang jadi masalah adalah banyak dari kita yang tidak suka minum susu, dan yang lebih parah lagi ada beberapa orang yang alergi dengan susu. Padahal  kebutuhan kalsium harian orang dewasa adalah 1000 mg perhari. Jika anda kekurang kalsium anda akan kehilang zat pembentuk tulang, pelancaran peredaran darah, pelentur otot dan lainnya. Naaaahhh bagi sahabat ni yang tidak suka atau bahkan alergi dengan susu tak perlu khawatir karena berita unik akan memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian  kamu.

Makanan yang mengandung banyak kalsium

1. Bayam

makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Kalian pasti tahukan dengan flem kartun Popeye, popey akan menjadi sangat kuat dan berotot setelah memakan bayam. Hal ini karena bayam mengandung banyak zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah. Semangkok bayam mengandung 240mg kalsium. Nahh sahabat, mulai sekarang seringlah mengkonsumsi bayam untuk memenuhi kebutuhan kalsiummu, selain sehat, bayam juga harganya sangat murah juga mudah didapatkan.

2. Kacang Almond

makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Anda suka ngemil, mungkin kacang-kacangan bisa menjadi menu utama ngemil anda, terutama kacang almond. Kacang almond mengandung vitamin E, protein dan Kalsium yang sangat dibutuhkan tubuh.
3. Buah tin
makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Buah tin? Mungkin bagi kita warga Indonesia masih sangat asing dengan buah tersebut. Namun jika anda pernah pergi haji pasti tahu, karena buah tin sering dijadikan manisan untuk oleh-oleh para jemaah haji. Dalam 1 buah tin mengandung 13mg kalsium. Jika anda mengkonsumsi semangkok buah tin, anda sudah bisa mengcukupi 24% kebutuhan kalsium harian anda.

4. Buah kurma

makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Sama dengan halnya buah tin. Buah kurma juga sering dijadikan oleh-oleh para jemaah haji. Naahh sahabat tahukah anda jika 10 buah kurma sama dengan 3 gelas susu, jadi kurma sangat cocok sekali buat sahabat yang tidak suka minum susu. Buah kurma mengandung kalsium yang sangat tinggi yaitu 15,36mg per bijinya, selain itu buah kurma juga dapat menyembuhkan penyakit demam berdarah.

5. Tahu dan Tempe

makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Tahu tempe mungkin makanan ini banyak diremehkan di negara kita, namun diluar negeri makanan ini justru makanan favorit. Hal ini dikarenakan kandungan didalamnya. Dalam 1 ons tahu putih saja mengandung 120-390mg kalsium, maka dari itu jangan remehkan tahu dan tempe.

6. Oatmeal

makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Para ahli gizi banyak yang menyarankan untuk mengganti nasi dan roti dengan oatmeal ketika sarapan. Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks dan  serat yang bisa membuat perut kenyanga= lebih lama. 1 mangkok oatmeal mengandung 100mg kalsium.

7. Jeruk

makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Sahabat bisa meminum jus jeruk setiap hari, jeruk selain mengandung banyak vitamin C, dengan meminum secangkir jus jeruk tubuh kita juga akan mendapatkan 20mg kalsium. Dengan rutin mengkonsumsi jus jeruk setiap hari, sahabat juga akan terhindar dari penyakit ringan seperti flu dan lannya.

8. Brokoli

makanan berkalsium tinggi pengganti susu

Tahukah sahabat jika 1 mangkok kecil brokoli mengandung 62mg kalsium. Nahhh untuk memenuhi kebuhan kalsium, sahabat bisa menggantinya dengan mengkonsumsi brokoli setiap hari.

Demikianlah 8 makanan yang mengandung banyak kalsium yang bisa digunakan sebagai pengganti susu. Semoga artikel diatas bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef