Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah salah saju jenis kanker yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Sesuai dengan namanya penyakit ini menyerang organ pernafasan yaitu paru-paru. Kanker paru-paru berasal dari jaringan tipis paru-paru, pada umumnya berupa lapisan sel yang terletak pada saluran udara. Dua tipe utama kanker ini adalah kanker paru-paru sel kecil (SCLC) dan kanker paru-paru non sel kecil (NSCLC). Tipe ini didiagsona berdasarkan bentuk sel yang terlihat di bawah mikroskop.


Menjaga kesehatan adalah hal yang harus jadi prioritas setiap orang, meski betitu ada saja alasan orang untuk mengabaikannya.Hal ini tanpa disadari menyebabkan  munculnya penyakit berbahaya dari diri mereka. Salah satunya yaitu kanker paru-paru. Pada masa-masa awal, kanker paru-paru memiliki gejala-gejala tersembunyi  sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya jika mereka mengelami gejala-gejala kanker paru-paru. Mengetahui gejala-gejala kanker paru-paru sangat penting untuk mencegah kanker paru-paru secepatnya. Berikut gejala-gejala kanker paru-paru.

Kanker Paru-paru

Gejala kanker paru-paru


Kanker Paru-paru

- Batuk secara terus menerus dan tidak kunjung sembuh
- Perubahan pada batuk kronis
- Kesulitan bernafas, seperti kehabisan nafas atau sesak nafas
- Sakit di dada ketika batu atau tertawa
- Nafasnya pendek seperti asma
- Batuk berdarah
- Suara serak
- Ujung jari membesar dan terasa sakit
- Sering terkena infeksi paru-paru
- Merasa letih setiap saat
- Kehilangan berat badan tanpa sebab yang jelas
- Nyeri pada tulang
- Emosi yang tidak stabil, depresi, mood berubah-ubah dan lesu

Gejala-gejala di atas bukan dikarenakan  sepenuhnya kanker, karena masalah kesehatan lainnya juga menunjukan gejala-gejala seperti diatas tersebut. Jika anda mengalami jegala-gejala yang telah saya sebutkan diatas,sebaiknya anda memeriksakan kesehatan anda ke dokter untuk didiagnosa dan mendapatkan perawatan secepat mungkin.

Penyebab kanker paru-paru


Kanker Paru-paru


1. Perokok aktiv maupun pasif

Sudah di tulis dengan jelas di bungkus rokok, jika merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, namun entah kenapa semakin banyaks saja jumlah perokok. Padahal 80-90 persen kanker paru-paru di sebabkan oleh kebiasaan merokok, asap rokok yang dihisap mengandung 50 racun penyebab kanker dan berdampak langsung pada paru-paru. Tidak hanya perokok saja, orang disekitar perokok juga terkana dampaknya, ya mereka itu adalah perokok pasif yang ikut menghirup asap rokok. Rokok sangat berbahaya sekali bagi kesehatan, maka dari itu berhentilah merokok demi kesehatan anda dan orang disekitar anda, jika anda kesulitan melakukannya anda bisa membaca artikel cara ampuh berhenti merokok.

2. Polusi udara


Menurut data WHO, Asia tenggara merupakan penyumbang polusi udara terbesar no 2 di dunia, hal ini mengakibatkan resiko terkena kanker paru-paru meningkat. Setiap saat kita terkena pajanan udara seperti asap kendaraan, asab pabrik. Menghirup asap kendaraan atau asap pabrik sama halnya dengan perokok pasif

3. Pajanan di tempat kerja

Jika anda bekerja ditempat dengan kondisi udara yang buruk resiko terkena kanker paru-parupun akan meningkat. Pegawai yang terkena beberapa pejanan senyawa kimia yang bersifat karsinogenik, seperti asbes, nikel, batu bara, silika, dan arsenik memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita kanker paru-paru.

4. Pajanan radiasi

Radon adalah bagian dari udara yang kita hirup. Radon adalah gas radioaktif yang muncul secara alami. Gas ini berasal dari batuan dan tanah dalam jumlah yang sangat kecil. Gas radon ini berpindah melalui tanah. Gas ini akan masuk ke dalam rumah melalui celah-celah pondasi, pipa, saluran air atau lubang terbuka lainnya. Gas ini bisa diuji dengan alat pengujian sederhana, karena gas radon bersifat tidak kasat mata dan tidak berbau. Jika dihirup, gas radon dapat merusak paru-paru, terutama bagi seorang perokok.

Cara mencegah kanker paru-paru

Tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker paru-paru, namun kita bisa meminimalisir terserang kanker paru-paru dengan melakukan hal sebagai berikut

- Hindari asap rokok
- Gunakan pelindung saat bekerja
- Makan makanan bergizi terutama buah dan sayuran
- Banyak minum air putih untuk membuang racun
- Hindari alkohol dan narkoba
- Berolah raga secara teratur
- Terapkan gaya hidup sehat


 Demikianlah informasi tentang Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Kanker Paru-paru. Sayangilah kesehatan anda dan keluarga anda dengan menerapkan gaya hidup sehat. Semoga informasi di atas bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef