Inilah 6 Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Permen Karet

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas yaitu dapat dibuat melembung layaknya balon. Banyak penelitian yang menyebutkan jika permen karet sangat bermanfaat bagi kesehatan, hal ini dikarenakan permen karet sangat rendah kalori, menekan nafsu makan dan dapat mengurangi rasa stress.

Permen karet sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Hal ini terbukti dari hasil penggalian akar akeologis yang menemukan bekas gigitan pada benda apa saja yang bisa di kunyah nenek moyang kita. Di jaman modern sekarang ini banyak sekali produk-prosuk perment karet yang dijual bebas. Permen karet memang banyak sekali penggemarnya terutama anak-anak. 

Permen karet memang baik untuk kesehatan, namun jika terlalu sering mengkonsumsinya juga akan berdampak buruk pada tubuh kita. Penelitian terbaru menjelaskan bahwa mengkonsumsi permen karet dapat memberikan efek samping bagi kesehatan. Mau tahu efek samping apasajakah itu.

Berikut 6 efek samping permen karet

Inilah 6 Dampak Buruk Terlalu Sering Makan Permen Karet

 

1. Merusak gula

Permen karet mengandung gula yang dapat menempel di gigi anda secara menyeluruh. Nahhh jika anda tidak rajin membersihkan gigi anda dengan baik, buka tidak mungin zat gula yang tersisa digigi anda tersebut akan membusuk dan merusak gigi anda.

2. Membahayakan gigi berlubang

Jika anda memiliki gigi berlubang dan di tambal. Campuran tambalan gigi anda yang terbuat dari perak, timah dan merkuri bisa masuk ke dalam sistem pencernaan anda. Tentu saja pelepasan merkuri ini dapat membayakan kesehatan anda.

3. Memicu masalah sendi

Anda penggemar permen karet, baiknya anda jangan terlalu sering mengkonsumsinya, karena mengkonsumsi permen karet secara berlebihan dapat menyebabkan ganguan pada sendi yang disebut dengan temporomandibular. Gangguan sendi tersebut akan membuat rasa sakit pada otot dan sendi yang menghubungkan tulang rahang dan tengkorak anda.

4. Menyebabkan mengkonsumsi junk food

Peneliti juga menyebutkan terlalu sering mengkonsumsi permen karet juga akan menyebabkan anda ingin mengkonsumsi makanan tidak sehat atau junk food. Mint yang terkandung di permen karet membuat mulut anda terasa pahit ketika mengkonsumsi buah dan sayuran, sehingga anda enggan mengkonsumsi buah dan sayuran dan menggantinya dengan mengkonsum makanan lain yang tidak sehat.

5. Mengganggu kesehatan pencernaan

Ketika anda mengkonsumsi permen karet anda cenderung menelan  banyak udara sehingga menyebabkan sakit perut dan kembung. Permen karet juga mengandung pemanis buatan yang tidak baik untuk tubuh kita seperti sorbitol dan manitol yang bisa menyebakan diare, alergi dan sakit kepala.

6. Merusak pertumbuhan tulang

Permen karet sangat tidak baik bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan dan pubertas. Karena permen karet dapat menyebabkan pertumbuhan wajah yang tidak sempurna. Hal ini disebabkan tindakan anda yang sering mengunyah permen karet sehingga mengganggu pertumbuhan tulang rahang dan otot wajah anda yang mengakibatkan wajah anda menjadi lebih besar.

Demikianlah informasi tentang dampak buruk mengkonsumsi permen karet. Permen karet memang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah normal, namun akan berdampak sangat buruk jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef