5 Obat Alami Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan baik ringan maupun berat tentunya sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari, apalagi bila menimpa anak-anak biasaya mereka akan rewel karena penyakit ini. Penyakit pada tenggorokan ini sebenarnya bukanlah penyakit yang serius dan akan sembuh dengan sendirinya, namun karena penyakit ini sangat mengganggu banyak orang ingin cepat menghilangkan penyakit ini. Nahh kali ini berita unik akan membahas tentang penyakit radang tenggorokan dan cara mengobatinya.

Penyebab Radang tenggorokan

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara megobati radang tenggorankan pertama-tama kita kenali dulu apasih penyebab penyakit radang tenggorokan.  Radang tenggorokan adalah konidisi peradangan di pita suara, hal ini dikarenakan beban atau kerja yang berlebihan pada pita suara. Ini bisa terjadi karena mungkin anda sering berteriak atau berbicara selama seharian, banyak bernyanyi, banyak makan makanan pedas, atau manis. Radang tenggorokan sangat mengganggu bagi anda yang berfrofesi sebagai pembicara atau penyanyi, karena radang tenggorokan terkadang membuat orang tidak bisa sama sekali, hal ini juga disertai dengan batuk kering dan sakit tenggorokan. Radang tenggorokan disebabkan oleh baketeri streptococcus. Bakteri ini adalah bakteri umum penyebab penyakit radang tenggorokan, udara ini sangat mudah sekali menular yaitu melewati udara ketika penderita batuk atau bersin, bakteri ini juga bisa menular lewat makanan atau minuman dan barang yang terinfeksi oleh bakteri ini.

Radang Tenggorokan

Gejala radang tenggorokan

- Terasa sakit pada tenggorokan
- Pembengkakan pada amandel dan memerah
- Adanya bintik-bintik kecil di belakang atap mulut
- Susah dan sakit untuk menelan
- Pembengkakan pada getah bening leher
- Biasanya disertai dengan demam, sakit kepala, dan badan terasa lelah

Cara menghindari radang tenggorokan

- Jangan terlalu sering berteriak atau bernyanyi dengan suara keras.
- Jangan terlalu sering berbicara
- Hindari berbagi makanan, minuman atau peralatan lainnya dengan penderita
- Rajin mencuci tangan terutama ketika mau makan
- Menggunakan masker ketika di tempat yang berdebu atau jika sedang membersihkan rumah
- Hindari asap rokok dan berhentilah merokok

Obat Alami Radang Tenggorokan

1. Teh jahe

Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

2. Madu dan lemon

Minumlah air hangat dengan dicampur madu dan lemon, ramuan ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan, jika anda tidak menemukan lemon, anda bisa cukup menggunakan madu saja, karena madu memiki kandungan antibiotik alami, namun baiknya madu tidak diberikan pada anak-anak.

3. Makan bawang putih

Makan bawang putih bisa menyembuhkan radang tenggorokan, mungkin terdengar aneh, tapi ini kenyataan dan telah terbukti, hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. Cobalah anda menguyah bawang putih untuk mengobati sakit radang tenggorokan yang anda derita.

4. Jus lemon tanpa gula

Jus melon tanpa gula juga sangat ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan, anda perlu meminum jus lemon tanpa gula 2-3 kali dalam sehari dalam keadaan perut kosong, atau sekitar 30 menit sebelum makan.

5. Menghirup uap panas

Menghirup uap panas untuk mengobati sakit tenggorokan, ya benar sekali itu adalah pengobatan kuno yang sangat ampuh, anda juga bisa melakukannya yaitu dengan cara masukan air panas dalam panci dan letakan di depan anda, hirup uang panas tersebut dengan hidung juga mulut anda.

Radang Tenggorokan

Bagi anda yang menderita sakit radang tenggorokan, anda juga dilarang makan makanan yang dapat membuat radang tenggorokan anda semakin para, lalu makanan apa saja yang harus dihindari penderita radang tenggorokan.

Berikut makanan yang harus dihindari

- Makanan asam

Makanan asam akan membuat tenggorokan anda menjadi gatal  ketika anda sakit tenggorokan, anda harus menghindari makanan asam atau makanan yang mengandung cuka atau vinegar, makanan tersebut akan memperparah sakit pada tenggorokan dan kerongkongan anda

- Makanan pedas

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa makanan pedas membantu menyembuhkan sakit tenggorokan, namun kenyataannya justru malah sebaliknya, rasa pedas akan memperburuk rasa sakit tenggorokan anda.

- Makanan kering

Makanan kering seperti roti, biskuit, kacang-kacangan atau gorengan sangat sulit ditelan ketika kita sakit tenggorokan, maka dari itu hindarilah makanan kering dan beralihlah ke makanan lembut dan banyak mengandung air.

- Kafein

Secangkir kopi mungkin membuat tenggorokan anda nyaman, namun itu hanyalah sementara, karena setelah selang beberapa waktu, rasa gatal ditenggorokan anda akan semakin parah dan sakit. Hindarilah minuman yang menandung kafein dan perbanyaklah minum air putih.

- Alkohol

Seperti halnya kafein minuman beralkohol juga akan memperparah radang tenggorokan, hindarilah minuman beralkohol

- Produk susu

Susu memang baik untuk kesehatan, namun tidak untuk radang tenggorokan, mungkin orang beranggapan susu dapat meringankan radang tenggorokan, namun kenyataannya susu justru memperparah radang tenggorokan. Susu menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh, yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.

Demikianlah informasi tentang  Obat Alami Radang Tenggorokan. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef