12 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bawang putih atau nama ilmiahnya Allium sativum  merupakan sejenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk  bumbu penyedap setiap masakan. Bawang putih selain mudah di dapatkan, harganya pun sangat murah. Selain bisa di gunakan sebagai bumbu penyeda, bawang putih juga bisa di makan secara langsung.

Dalam kehidupan manusia bawang putih memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya yaitu manfaat untuk kesehatan dan manfaat untuk kecantikan, Jadi bawang putih bukan hanya sekedar bumbu masak saja, manun juga bisa dijadikan obat atau kosmetik kecantikan.

Nahhh sahabat, bawang putih sudah menjadi obat tradisional sejak jaman dahulu, bawang putih juga digunakan sebagai bahan kecantikan, walaukun sekarang sudah masuk ke jaman modern yang segalanya instans, namun peran bawang putih tak bisa tergantikan. Walaupn terlihat sepele, namun khasiat yang dihasilkan bawang putih sangat ampuh. Lalu apa saja manfaat bawang putih.
manfaat bawang putih

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

1. Mengatasi diabetes

Diabetes adalah penyakit yang menyerang seseorang dengan kadar gula yang tinggi dalam darah. Naahhh bagi sobat yang menderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih mampu meminimalisir dan menetapkan kadar gula dalam darah sehingga masalah diabetes bisa terobati.

2. Ampuh menurunkan tekanan darah

Ini adalah manfaat bawang putih yang sudah benar-benar teruji.. Bawang putih ampuh menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Karena efeknya yang begitu ampuh, bawang putih juga menurunkan tekanan darah pada orang normal.

3. Penangkal kanker

Bawang putih mengandung dialil sulfida yang memiliki peran mencegah kanker yang berbahaya bagi tubuh kita. Bagi perempuan mengkonsumsi bawang putih secara tidak berlebihan bisa mencegah kanker.

4. Ampuh mengurangi kolesterol jahat

Manfaat bawang putih berikutnya yaitu ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat secara signifikan. Beberapa riset membuktikan bahwa bawang putih dapat memangkas kadar kolesterol jahat hingga 10-15%. Walaupun demikian sahabat gak perlu kahwatir, karena bawang putih tidak meiliki efek samping terhadap kolesterol, jadi tetap aman jika di konsumsi.

5. Menghilangkan sakit gigi

Sakit gigi, walaupun bukan tergolong penyakit yang berbahaya, namun kehadirannya sanggat menyiksa. Namun sahabat kini tak perlu khawatir tentang sakit gigi, karena sakit gigi bisa anda sembuhkan hanya dengan bawang putih. Sifat antivirus dan bakteri yang ada di bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.

6. Mengobati Infuenza

Bawang putih menyimpan antioksitan kuat yang berperan meningkakan performa tubuh dari serangan penyakit, contohnya penyakit flu, jika anda rutin mengkonsumsi ramuan bawang putih maka anda dapat mencegah atau mengobati flu tanpa tindakan medis.

Manfaat bawang putih untuk kecantikan

1. Obat jerawat

Nahhh bagi sahabat yang memiliki jerawat, kini tak perlu khawatir dan tak perlu mengeuakan banyak uang untuk menghilangkan jerawat tersebut. Sahabat hanya perlu menggunakan bawang putih saja, cara yaitu, haluskan bawang putih kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat, cara ini sangat ampuh, bahkan jerawat akan menghilang dalam sehari.

2. Menghilangkan komedo

Sama seperti halmnya jerawat. Bawang putih juga sangat ampuh untuk menghilangkan komedo. Guankan bawang putih sebagai crup wajah. Hal ini sangat berkhasiat menghilangkan komedo yang membandel, usapkan pada wajah dengan sedikit pijatan memutar, pastikan penggunaannya tidak berlebih agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menghaluskan kulit

Bawang putih mengandung komponen zat arganosulfur yang bernama allicin. Zat ini memiliki kemampuan untuk menghaluskan dan melembutkan tekstur kulit, serta mampu menghilangkan strech-marks. Campurkanlah sedikit bawang putih pada masker anda dan rasakan khasiatnya.

4. Melawan tanda-tanda penuaan

Bawang putih juga sangat berkhasiat melawan penuaan dini, jadi sahabat tidak perlu membeli produk penghilang penuaan dini dengan harga mahal, karena sekarang sudah mengerti jika bawang putih ampuh melawan penuaan dini. Caranya yaitu campurkan beberapa tetes bawang putih pada krim wajah anda, gunakan seminggu sekali.

5. Mengatasi rambut rontok

Kandungan allicin yang terdapat dibawang putih juga dapat di gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Gosokan irisan bawang putih pada rambut anda, lakukan pijatan lembut agar nutrisi bawang putih dapat meresap ke kulit kepala. Anda juga bisa menggunakana minyak bawang putih untuk hal ini.

6. Mengurangi bekas luka atau tahi lalat

Bekas luka karena lecet atau apalah pastinya sangat mengganggu penampilan anda, apalagi jika letaknya di wajah tentunya hal ini sangatlah menggenggu, nah untuk mengatasi hal ini  bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi dan anti bakteri yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau tahi lalat dengan  cara mengoleskan langsung ke bekas luka yang telah mengering.

Demikianlah 12 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan. Bagaimana menurut sahabat, sekarang tahukan manfaat bawang putih, jadi tak perlu keluar banyak duit untuk tampi sehat dan cantik. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef