10 Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak di gemari baik pria maupun wanita. Kopi di percaya dapat menghilangkan rasa ngantuk. Mengkonsumsi kopi memang baik bagi tubuh, namun jika terlalu sering mengkonsumsi kopi akan berbahaya di karenakan kopi mengangdung Kafein yang merupakan senyawa kimia alkeloid.

Bagi sebagian orang meminum secangkir kopi di pagi hari membuat badan bersemangat dalam menjalani aktivitas di sepanjang hari, kopi sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan orang banyak, orang yang sudah terbiasa minum kopi, tanpa kopi hidupnya akan kurang bersemangat. Kali ini berita unik akan membahas Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi, Sebelum kita membahas hal tersebut, kita perlu tahu dulu apasih kandungan yang ada di dalam kopi??

Manfaat Dan Bahaya Minum Kopi

Kandungan di dalam Kopi

1. Kafein

Kandungan pertama yang ada di dalam kopi tentu adalah Kafein, semua orang juga tahu. Kafein merupakan senyawa kimia alkeloid, namun kafein di akui aman dalam dosis tertentu, jika melebihi doses yang telah ditentukan akan menyebabkan ketergantungan dan dalam waktu panjang bisa menyebabkan kanker dan gangguan tidur.

2. Ethyphenol

Zat yang satu ini mungkin asing bagi banyak orang, Namun zat seperti ini adalah aroma khusus dari kopi, zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheremone.

3. Quinic acid

Rasa asam pada kopi ditentukan dari kadar zat ini, kadar Quinic acid di dalam kopi jumlahnya berbeda-beda. Dalam ilmu kedokteran zat ini digunakan sebagai bahan obat flu.

4. Dicaffeoylquinic Acid

Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Walaupu kadar oksidan dalam biji kopi tidak sebanyak tanaman obat lainnya, namun minum kopi adalah suplayer anti oksidan yang paling banyak di konsumsi orang didunia

5. Acetylmethylcarbinol

Zat ini adalah zat yang membuat kopi menjadi terasa gurih dilidah, zat ini juga banyak di temukan di mentega.

6. Putrescin

Zat ini di hasilkan oleh bak teri E. COLI yaitu bakteri yang bisa membuat sesuatu menjadi busuk, zat ini adalah hasil dari pembusukan bakteri tersebut.

7. Trigonelline

Zat ini berfungsi melindungi gigi, walaupun meminum kopi menyabakan gigi menjadi hitam, namun para peminum kopi memiliki gigi yang kuat dan tidak mudah berlubang.

8. Niacin

Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin sangat dibutuhkan tubuh untuk proses-proses yang ada didalam tubuh, oleh karenanya meminum kopi hanya di anjurkan paling banyak 2-3 kali sehari.

Dari kandungan di atas maka dapat disimpulkan apa manfaat dan bahaya kopi bagi kesehatan tubuh kita. 

Manfaat minum kopi

1. Mencegah seseorang terkena batu ginjal

Menurut para ahli yang telah melakukan penelitian terhadap kopi mengungkapkan jika seorang wanita meminum kopi 2-3 cangkir dalam sehari, maka mereka telah mengurangi 25% resiko terkedan batu ginjal, hal ini juga diperkuat oleh para ahli besar di dunia.

2. Menurunkan resiko diabetes

Dengan mengkonsumsi kopi setiap hari dapat menurunkan resiko seseorang terserang penyakit diabetes tipe 2.  Hal ini dasari oleh kandungan  asam klorogenik di dalam kopi yang berfungsi sebagai penyerap kadar gula pada sistem penceranaan tubuh, zat ini juga berfungsi membantu proses pembentukan GLP-1 yang berfungsi meningkatkan insulin dalam tubuh.

3. Mencegah kanker

Menurut penelitian yang telah dilakukan, dengan meminum 2-3 cangkir kopi dalam sehari, dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker. Adapun penyakit kanker yang dapat terminimalisir adalah kanker hati, kanker usus besar, dan kanker yeng terjadi pada wanita.

4  Mencegah penyakit jantung dan strok

Mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir secara rutin dalam seetiap hari tenyata dapat mencagah penyakit jantung dan strok. Menurut study yang telah dilakukan kepada 83.000 wanita diseluruh dunia, bahwa wanita yang berusia 24 tahun keatas dapat meminimalisir terkena penyakit strok hingga 19%

5. Melindungi hati dari sirosis

Kopi juga dapat melindungi hati dari sirosis, terutama serangan sirosis yang disebabkan kecanduan minuman keras.
Kopi selain bermanfaat seperti yang telah saya sebutkan diatas, kopi juga memiki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita, lalu apasaja dampak buruk kopi terhadap kesehatan tubuh.

Bahaya kopi bagi kesehatan

1.  Meningkatkan asam lambung

Jika orang menimun kopi dengan dosis yang berlebihan, orang tersebut akan sering mengalami kegelisahan, selain itu kadar keasaman kopi dapat meningkatkan asam lambung dalam tubuh kita.

2. Tekanan darah

Kafein dalam kopi juga dapat berdampak buruk pada sistem kardiovaskuler tubuh seperti adanya peningkatan denyut jantung yang memicu mengingkatnya tekanan darah

3. Kafein bisa membunuhmu

Kafein dalam dosis yang berlebihan tidak baik dalam tubuh kita hal ini juga bisa menyebabkan kematian, jika anda penggemar kopi baiknya juga diimbangi dengan banyak minum air putih.

4. Menyebabkan insomia atau penyakit susah tidur

Semua orang juga tahu, kopi dapat mengusir rasa ngantuk, namun jika kalian sering mengkonsumsi kopi, kalian juga akan kesulitan dalam tidur, karena anda tidak lagi memiliki rasa ngantuk.

5. Membuat gigi menjadi hitam

Terlalu sering mengkonsumsi kopi juga tidak baik untuk gigi, kalian lihat saja para orang tua yang setiap hari meminum kopi, gigi mereka terlihat hitam atau kuning, tentu kalian tak maukan mempunyai gigi hitam atau kuning seperti mereka. 


Demikianlah manfaat dan bahaya minum kopi untuk kesehatan. Kopi memang bermanfata bagi tubuh, namun jika berlebihan juga akan berdampak buruk, semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih.






Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef