10 Gejala Kolesterol Yang Sering Tidak Disadari

Kolesterol adalah zat lemat yang disebut dengan lipid dan memiliki peran penting untuk menjaga tubuh tetap berfungsi normal. Walaupun kolesterol sangat penting namun jika jumlahnya melebihi batas akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Pada umumnya tanda-tanda atau gejala kolesterol tinggi sangat sulit di kenali, bahkan tidak mengalami gejala sama sekali.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah sangatlah berbahaya bagi tubu kita karena menyebabkan aliran darah menjadi kental hal ini dikarenakan banyak mengandung lemak. Lemak-lemak tersebut dapat menumpuk pada dinding pembuluh darah sehingga mengganggu kelancaran peredaran darah. Hal ini mengakibatkan pembuluh darah menjadi sempit dan suplai suplai oksigen keseluruh tubuh menjadi terganggu.

Kolesterol tinggi disebabkan banyak hal, diantaranya karena asupan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, pola hidup yang tidak seimbang dan tidak sehat, gaya hidup yang salah dan kebiasaan buruk penyebab kolesterol yang telah menjadi rutinitas. Nahhh bagi temen-temen nie, sebelum terlambat kenali dulu gejala-gelaja kolesterol untuk melakukan pencegahan dan pengobatan lebih dini, hal ini sangat penting karena saat ini banyak orang yang tidak sadar bahkan tidak tahu jika dirinya terkena penyakit kolesterol tinggi. Untuk lebih jelasnya simak artikel di bawah ini!
10 Gejala Kolesterol

Gejala kolesterol tinggi

1. Nyeri pada kaki

Gejala pertama yang sering tidak disadari yaitu klaudikasio, yaitu nyeri pada bagian kaki atau timbul rasa yang tidak nyaman pada bagian kaki, hal ini disebabkan tersumbatnya pembuluh arteri akibat penumpukan lemak, sehingga aliran darah yang seharusnya menuju ke kaki menjadi terhambat.

2. Sering kram di malam hari

Gejala berikutnya yaitu sering merasa kram dibagian tumit, jemari kaki atau bagian bawah. Rasa sakit ini akan hilang ketika kaki di gantung atau do letakan lebih tinggi dari pada posisi badan. Orang yang mengalami gejala ini akan sering mengangkat kakinya ke atas atau menyandarkannya kedinding untuk menghilangkan rasa keram tersebut.

3. Kaki menjadi dingin

Jika sahabat merasakan dingin atau kaki terasa dingin ketika disentuh padahal suhu udara normal maka sahabat harus waspada. Hal tersebut karena darah yang seharusnya mengalir ke kaki terhambat sehingga kaki menjadi dingin ketika disentuh.

4. Pemulihan luka yang lamban

Seperti halnya penyakit diabetes, kolesterol tinggi juga menyebabkan pemulihan luka yang lama atau lamban. Penurunan sirkulasi menjadi penyebab pemulihan luka menjadi lamban, atau terkadang cepat namun tidak langsung sembuh total

5. Mati rasa

Nahhh untuk gejala yang satu ini sering dialami oleh wanita. Seperti halnya gejala asam urat, mati rasa pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian jari tangan atau jari kaki juga bisa jadi merupakan gejala kolesterol tinggi, sahabat bisa memastikannya dengan memeriksakannya ke dokter.

6. Otak menjadi terganggu

Otak menjadi bagian tubuh yang menyimpan kolesterol paling banyak yaitu sekitar 25%, sehingga kolesterol tinggi akan mengganggu otak dalam berfikir, mengurangi kemampuan daya ingat, mengundang emosi dan memicu penyakit alzeimer beserta penyakit neurologis lainnya.

7. Kelebihan berat badan dan perut kembung

Kolesterol tinggi mengakibatkan proses metabolisme terganggu, gas yang seharusnya ke saluran usus menjadi terhambat dan mengarah perut dan mengakibatkan perut menjadi kembung. Selain itu terganggunya proses metabolisme menjadikan lemak menumpuk di perut dan berat badanpun akan meningkat sehingga mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

8. Jantung terasa sakit

Kelebihan kolesterol mengakibatkan pembuluh darah menjadi sempit karena timbunan lemak yang berlebih, karena hal tersebut mengakibatkan jantung harus bekerja ekstra untuk memompa darah keseluruh tubuh. Efek dari ini adalah jantung menjadi sakit atau terasa berdebar-debar seperti orang panik.

9. Rasa berat di tengkuk dan pegal di pundak

Hal ini dikarenakan darah yang seharusnya mengalir keseluruh tubuh menjadi terhambat oleh timbunan lemak, sehingga berakibat pegal-pegal di bagian tubuh tertentu seperti dipundak dan tengkuk terasa berat.

10. Sering kesemutan

Sering kesemutan jangan pernah sahabat anggap sepele, karena bisa jadin itu disebabkan oleh terhambatnya pembuluh darah oleh lemak, sehingga darah tidak bisa mengalir secara normak dan bserakibat kesemutan.

Demikianlah 10 Gejala Kolesterol Yang Sering Tidak Disadari. Sebaiknya sahabat kenali gejalanya lebih dini agar bisa melakukan pencegahan dan pengobatan lebih cepat. Baca juga 7 cara menurunkan kolesterol. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef