Penyebab, Gejala, Dan Cara Mencegah Kanker Serviks

Kanker serviks merupakan kanker ganas yang terbentuk dalam jaringan serviks yaitu organ yang menghubungkan antara uterus dan kemaluan. Ada beberapa tipe kanker serviks diantaranya yaitu squamous cell carcinoma (SCC), yang merupakan 80 hingga 85 persen dari seluruh jenis kanker serviks. Infeksi  Human Papilloma Virus (HPV) merupakan salah satu faktor utama tumbuhnya kanker jenis ini. Tipe-tipe lain kanker serviks seperti adenocarcinoma, small cell carcinoma, adenosquamous, adenosarcoma, melanoma dan lymphoma, merupakan tipe kanker serviks yang langka yang tidak terkait dengan HPV. Beberapa tipe kanker yang telah disebutkan, tidak dapat ditanggulangi seperti SCC. 

Penyebab Kanker Serviks

1. Hubungan seks sebelum usia 20 tahun

Pada umur 12 hingga 20 tahun. Organ reproduksi wanita sedang berkembang. Pada saat ini idealnya ketika sel sedang membelah secara aktiv, tidak terjadi kontak atau rangsangan dari luar, seperti kontak dari luar yaitu kemaluan pria atau sperma yang dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal. Sel yang tidak normal inilah yang akan tumbuh semakin banyak akibat luka yang ditimbulkan saat hubungan suami istri yang mengakibatkan kanker mulut rahim.

2. Terlalu sering menggunakan pembersih daerah kewanitaan

Menggunakan pembersih untuk daerah kewanitaan memang baik, namun bila teralu sering menggunakannya juga tidak baik. Tidak semua bakteri itu merugikan, ada juga beberapa bakteri baik yang bisa membunuh bakteri jahat di daerah kewanitaan, namun jika anda terlalu sering menggunakan sabun pembersih untuk daerah kewanitaan, bakteri baik pun juga akan ikut mati, selain itu juga dapat menyebabkan iritasi. Kulit pada mulut rahim sangatlah tipis, sehingga iritasi yang timbul bisa memicu abnormalitas sel yang dapat menyebabkan kanker mulut rahim.

3. Infeksi Virus Human Papilloma (HPV)

Penyebab kanker serviks berikutnya adalah terinfeksi firus HPV yang menular melalui hubungan suami istri. Seorang wanita bisa terinfeksi virus HPV di usia belasan tahun dan baru diketahui mengidap kanker setelah 20 atau 30 tahun kemudian.

4. Nikotin

Nikotin juga merupakan penyebab orang terserang penyakit kanker serviks. Sel-sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam darah juga memperngaruhi selaput lendir pada tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim yang dapat memicu abnormalitas sel pada mulut rahim yang berakibat kanker.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Apa saja gejala kanker Serviks .

1. Pendarahan pada daerah kewanitaan
2. Sakit punggung
3. Sakit saat buang air kecil, dan air seni keruh
4. Konstiasi kronis dan perasaan perut kembung walaupun perut dalam keadaan kosong.
5. Rasa nyeri saat berhubungan suami istri dan keputihan
6. Salah satu kaki membengkak
7. Kebocoran urin atau feses dari kemaluan

Jika anda mengalami kejala seperti yang saya sebutkan diatas, baiknya anda secepatnya memeriksakan kesehatan anda ke dokter. Jika anda tidak mengalami gejala diatas anda juga harus tetap berwaspada, karena mencegah lebih baik dari mengobati. Lalu bagaimana cara mencegah penyakit kanker serviks. Cara untuk mencegahnya yaitu anda harus menghindari penyebab kanker serviks yang telah disebutkan di atas. Anda juga bisa mencegahnya dengan pemberian vaksin HPV, langkah ini dapat membantu memberikan perlindungan terhadap beberapa tipe HPV yang dapat menyebabkan masalah dan komplikasi seperti kanker serviks. Vaksin ini baiknya diberikan pada wanita yang masih berusia muda, karena tingkat imunisasi tubuh pada masa pertumbuhan sangat baik.

Demikianlah informasi tentang Penyebab, Gejala, Dan Cara Mencegah Kanker Serviks. Semoga informasi yang saya sampaikan di atas bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef