Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia

Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia. Mitos adalah suatu cerita tradisional yang dipercaya mengenai suatu peristiwa ghaib atau kehidupan makhluk halus dan para dewa. Mitos berisi tentang asal-usul alam semesta, dewa-dewa, supranatural, pahlawan manusia atau masyarakat tertentu yang mana mempunyai tujuan untuk meneruskan dan menstabilkan kebudayaan, memberikan petunjuk hidup, mengalirkan aktifitas kebudayaan dan lain-lain.

Masyarakat indonesia sangat mempercayai mitos, terutama masyarakat jawa. Para orang tua sering kali memperingatkan kita, tentang sesuatu yang mungkin kita anggap aneh dan tidak masuk akal. Di jaman modern ini masih banyak orang-orang yang percaya dengan mitos. Lalu mitos apa sajakah yang masih dipercaya orang indonesia hingga saat ini.


1. Menyapu bersih agar suami tidak berbewok

Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia

Orang tua sering mengingatkan kita ketika kita sedang menyapu, mereka akan bilang kalau menyapu yang bersih agar nanti suaminya tampan tidak berbewok, atau jika laki-laki agar nanti istrinya cantik. Itulah nasehat orang tua yang sering kita dengar, kalau dipikir apasih hubungan antara menyapu bersih dengan suami brewok tampan atau istri cantik, jelek. Kan tak ada hubungannya sama sekali. Hal ini dikarenakan kepercayaan jaman dulu yaitu orang berbewok diidentikan sebagai penjahat, maka para perempuan diwajibkan menyapu bersih agar tak menadpatkan suami seorang penjahat.

2. Habiskan makanannya, kalau enggak nanti ayamnya mati

Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia

Makanan gak habis dengan ayam mati apa hubungannya ya? mungkin itu pertanyaan yang ada dipikiran anda. Namun tentunya anda masih ingat waktu anda masih kecil, ketika anda sedang makan terus makanannya tidak habis  orang tua akan bilang "makan harus habis, kalau sisa nanti ayam/kucing/ikan mu akan mati". Sebenarnya itu tak ada hubungannya sama sekali, hanya saja itu adalah jurus bagi para orang tua agar anaknya menghabiskan makanannya, maklum saja anak kecil sangat menyanyangi hewan peliharaannya.

3. Bersiul adalah memanggil setan

Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia

Bersiul adalah memanggil setan? masak sihhhh? Dulu ketika kita masih kecil bila kita bersiul orang tua akan mengingatkan kita, kalau bersiul itu memanggil setan, tentunya kita akan takut dan enggan bersiul lagi. Kebenaran mitos ini hingga sekarang belum pernahn terbukti, malah yang ada jika kamu bersiul akan mengganggu orang lain.

4. Jangan duduk di depan pintu, nanti susah dapat jodoh

Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia

Mitos aneh berikutnya yaitu "Jangan duduk di depan pintu, nanti susah dapat jodoh". Orang tua sering menasehati para pemuda atau gadis yang duduk didepan pintu. Kenyatannya sih pintu adalah penghubung antara ruangan satu dengan ruangan lainnya bukan tempat untuk duduk. Karena jika kamu duduk dan bengong didepan pintu kamu akan mengganggu orang yang akan lewat, dan jika kamu hanya duduk didepan pintu, kamu akan menjadi pemalas, malas mencari kerja malas mencari pengalaman dan pastinya akan sulit mendapatkan jodoh.

5. Magrib-magrib jangan main, nanti diculik wewe gombel

Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia

Masih ingatkan dengan mitos yang satu ini, dulu saya sampai ketakutan gara-gara mitos yang satu ini. Ya betul saja dulu saya sering main sama teman-teman hingga waktu magrib tiba, kalau belum magrib ya belum pulang. Kalau dipikir sihh gak ada hubungannya antara main magrib dengan diculik wewegombel. Jaman dulu memang sangat mengasyikan. Kasihan anak jaman sekarang, mereka hanya bermain hp, tablet, game online, nonton tv dan main laptop, mereka tak punya waktu dan temapat bebas seperti jaman kita dulu.

6. Jangan berbaju hijau kepantai

Mitos Aneh Yang masih Di Percaya Di Indonesia

Masih ingatkah kalian, dulu ketika digegerkan kabar bahwa selendang nyiloro kidul hilang, disetiap rumah dipasang air bewarna merah hijau kuning dengan dibungkus plastik, heheheh pasti kalian tertawa mengingatnya, ya betul sekali itu hanyalah mitos. Dan kita juga dilarang memakai baju hijau di pantai nanti kita hilang diterpa ombak, benar atau tidak itu hanyalah mitos belaka.

Demikianlah informasi tentang mitos yang dipercaya orang indonesia hingga saat ini. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menjadi hiburan  buat anda, terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef