6 Fakta Unik Tentang Hidung

Hidung merupakan salah satu dari alat panca indra. Hidung berfungsi sebagai indra penciuman dan juga sebagai alat pernapasan. Hidung memiliki peranan penting dalam penampilan, coba saja anda bayangkan jika wajah anda tidak ada hidungnya, pasti wajah anda terilihat sangat jelek kan, inilah anugrah Illahi yang telah menciptakan kita sehingga sangat sempurna seperti ini.

Hidung memiliki banyak fakta yang tidak diketahui banyak orang. Anda penasaran ingin tahu fakta unik seperti apa sajakah yang ada dihidung anda.  

Fakta Unik Tentang Hidung.

1. Hidung bisa mendeteksi satu triliyun aroma


Fakta Unik Tentang Hidung

Dalam kehidupan sehari-hari anda telah banyak mencium berbagai aroma dan bau, entah itu bau masakan, bau farfum, atau bahkan bau busuk yang ditimbulkan dari sampah. Penelitian terbaru mengungkapakn bahwa hidung manusia bisa memiliki 400 jenis reseptor bau dan bisa mengenali lebih dari satu trilitun aroma yang berbeda.

2. Gaya bersin orang bersifat genetik


Fakta Unik Tentang Hidung

Anda sering bersin atau mungkin pernah melihat orang lain sedang bersin. Coba anda perhatikan, setiap orang memiliki gaya bersin yang berbeda-beda, hal ini disebabkan karena faktor keturunan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa gaya bersin seseorang bersifat turunan dari generasi ke generasi. Sekarang anda bisa cek gaya bersin anda, apakah sama dengan ayah, ibu atau nenek anda.

3. Bersin tak bisa disepelekan

Fakta Unik Tentang Hidung

Lanjutan dari poin sebelumnya, bahwa bersin merupakan reflek tubuh yang tidak bisa dihentikan jika sudah dimulai. Bersin bisa memiliki kecepatan lebih dari 150 km per jam dan udara yang anda keluarkan bisa mencapai hingga lima kaki. Bukan hanya itu saya, satu kali bersin bisa menyebarkan hingga 100.000 kuman ke udara. Maka dari itu  ketika anda bersin baiknya mulut anda ditutup dengan tisu atau sapu tangan agar tidak menyebarkan kuman dan virus.

4. Kemampuan hidung menurun seiring bertambahnya usia.

Fakta Unik Tentang Hidung

Ketika seseorang sudah berusia lanjut pasti banyak kemampuan mereka yang berkurang, dari kemampuan tenaga kemampuan berfikir hingga kemampuan dalam indra penciuman. Manusia akan mulai kehilangan  kemampuan mencium ketiga usia mereka menginjak 65 tahun, Dan akan kehilangan hingga 50% penciumannya ketika berusia diatas 80 tahun.

5. Manusia bisa mencium bau emosi

Fakta Unik Tentang Hidung

Peneliti dari Utrecht University di Belanda menemukan bahwa manusia bisa mendeteksi emosi melalui zat kimia yang dikeluarkan tubuh. Hal ini terbukti karena manusia bisa merasakan emosi takut dan rasa jijik dari orang lain hanya melalui aroma keringat atau pakaiannya saja.

6. Ingus hidung melindungi tubuh dari infeksi

Fakta Unik Tentang Hidung

Ingus hidung, mungkin sangat menjijikan, kita akan sangat terganggu ketika menderika sakit pilek atau flu yang menyebabkan ingus hidung keluar. Namun perlu anda ketahui kalau sebenarnay ingus hidung ternyata melindungi anda dari infeksi dan alergi  Lendir dalam hidung bertugas untuk menangkap debu dan mikroba yang dibawa oleh udara agar tak sampai masuk ke sistem pernapasan dan menyebabkan infeksi atau alergi. Jadi meski lendir dalam hidung menjijikkan, namun memiliki fungsi yang sangat luar biasa

Demikianlah 6 fakta unik tentang hidung, bagaimana menurut sobat, setujuhkah anda dengan fakta tersebut, atau mungkin anda ingin menambahkannya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef