Danau Kawah Paling Indah Didunia

Danau kawah terjadi karena proses alam yang terbentuk di kawah gunung dikarenakan akibat proses letusan gunung tersebut atau juga bisa terjadi akibat hantaman meteroid yang jatuh kebumi. Sedangkan danau kawah yang masih aktif digunung berapi dikenal sebagai danau vulkanik dan airnya biasanya asam, bercampur dengan gas vulkanik dan berawan dengan warnanya itu sendiri. Sedangkan danau kawah  yang sudah tidak aktiv umumunya memiliki air tawar, dan air tersebut akan nampak jernih. Berikut beberapa danau kawah terindah di dunia.

1. Danau kawah Quilotoa - Ecuador

Quilotoa adalah kawah yang berisi air dari gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ekuador pegunangan Andes. Kaldera dengan lebar 3 kilometer terbentuk akibat letusan gunung berapi dengan skala VEI-6 sekitar 800 tahun yang lalu. Kawah gunung ini telah membentuk kedadalaman sekitar 250 meter dan memiliki warna yang sangta indah.


2. Danau kawah kelimutu - Flores Indonesia

Di Indonesapun juga mempunyai danau kawah yang indah, yaitu danau kawah kelimutu yang terletak di pulau flores. Disini berisi tiga danau dari berbagai warna yang sangat mencolo. Danau ini adalah danau yang paling mengherankan sekaligus menakjubkan karena bisa berubah-ubah warnanya, dari mulai hijau, biru dan gelap menjadi warna merah. Ketiga danau tersebut berbeda namun berada dalam dipuncak gunung berapi yang sama.

3. Danau Kawah gunung pinatubo - Luzon, pilipina

Danau pinatubo adalah danau kawah yang berada dipuncak gunung pinatubo yang terbentuk setelah letusan klimaks pada 15 juni 2991. Danau ini terletak di sekitar perbatasan pampanga, Tarlac dan Zambales di filipina. Danau ini merupakan danau terdalam di negara filipina yaitu sekitar 800 meter.

4. Danau kawah gunung katmai - alaska, Amerika

Gunung Katmai adalah sebuah stratovolcano besar yang terletak di semenanjung alaska di alaska selatan. Danau ini termasuk dalam Taman Nasional Katmau. Diameter danau ini sekitar 3 kilometer, dan terbentu selama letusan Novarupta di tahun 1912.

5. Danau kawah deriba, jebel marra - Darfur, sudan

Danau kawah ini terdapat di titik tertinggi dari jebel marra di ketinggian 3.042 meter, terletak di Darfur dibagian barat sudan. Danau ini meliki lebar sekitar 5 kilometer dan terbentuk oleh letusan dari jebel marra sekitar 3500 tahun yang lalu. Gunung berapi ini menjadi sumber air panas dan fumarol yang masih ada.

6. Danau kawah gunung Ruapehu -  New Zealand

Gunung ruapehu adalah stratovolcano aktiv di ujung selatan dari zona vulkanik taupo di selandia baru. Terletak di sekitar 23 kilometer timur laut dari  Ohakune dan 40 kilometer barat daya pantai selatan danau taupo.
Ruapehu merupakan gunung berapi yang masih aktiv didunia dan merupakan gunung berapi yang masih aktiv terbesar di Selandia baru.

7. Danau Heaven, gunung Baekedu - China / North Korea

Danau ini terletak diperbatasan antara cina dan korea selatan, danau ini terletak di dalam kaldera diatas gunung barapi Baekdu, bagian dari pegunungan baekdudaegan dan pegunungan Changbai. Kaldera yang berisi danau terbentuk oleh letusan besar. Danau ini memiliki elevasi di ketinggian 2.189 meter, mencakup area seluas 9,82 kilometer persegi dengan panjang 4,85 kilometer dan lebar 3,35 kilometer. Kedalaman danau ini yaitu 213 meter hingga 384 meter. danau ini akan ditutupi es pada musim dingin.

Demikianlah beberapa informasi tentang danau terindah didunia, semoga anda terhibur dengan informasi diatas dan terimakasih.



Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef