7 Tips Ampuh Mengobati Batuk Tanpa Obat

Aktivitas kita akan sengat terganggu jika kita terserang penyakit batuk, apa lagi mereka yang bekerja sebagai pembicara taupun sebagai penyanyi tentunya hal ini sangatlah mengganggu. Batuk termasuk dalam kategori penyakit ringan, namun juga tidak bisa disepelekan begitu saja, karena ada banyak jenis batuk, batuk biasa dan juga batuk yang berat.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan batuk seperti infeksi disaluran pernafasan bagian atas, alergi, asma, tersedak, menghisap asap, atau lain sebagainya. Untuk mengatasi batuk-batuk tersebut anda bisa menggunakan cara alami atau tanpa minum obat. Karena cara alami lebih dipercaya aman dari pada dengan menggunakan obat yang banyak mengandung bahan kimia. Kalau kemarin kita sudah membahas cara mengobati sakit kepala tanpa obat, sekarang kita akan membahas cara mengobati batuk tanpa obat. Berikut 7 Tips ampuh mengobati batuk tanpa obat.


1. Minum teh jahe

Dari jaman nenek moyang, jahe dipercaya berkasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk juga penyakit batuk. Caranya anda sediakan 2-3 irisan jahe, kemudian cuci bersih, seduh dengan teh hangat, kemudian minum. anda bisa mengkonsumsinya secara rutin 2-3 kali sehari.

2. Kunyit

Selain jahe kunyit juga mempunyai banyak kasiat dalam kesehatan. Seperti halnya jahe kunyit dapat digunakan untuk mengatasi penyakit batuk, caranya masukan kunyit yang sudah ditumbuk kedalam gelas susu, dan bisa langsung anda minum.

3. Daun asam muda

Daun asam muda juga dipercaya menyembuhkan batuk kering, dengan cara ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil hingga mendidih, lalu saring, tunggu hingga tidak begitu panas atau hangat, kemudian bisa anda minum.

4. Tanaman serai

Tanaman serai juga dipercya untuk menyembuhkan batuk berdahak, karena serai mempunyai sifat anti radang sehingga bisa mengatasi batuk pada sumbernya, yakni peradangan disaluran nafas. Herbal ini sangat mudah diolah, caranya siapkan akar serai secukupnya, cuci hingga bersih kemudian rebus hingga mendidih, dan airnya bisa anda minum.

5. Jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk. Perasan jeruk nipis anda campur dengan madu dan air matang. Untuk obat tradisional lainnya dari jeruk nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, anda cukup mencampur air jeruk nipis dengan kecap dan diminum sehari 2 kali sebanyak satu sendok teh.

6. Madu

Madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, beberapa ramuan kesehatan baik tradisional maupun modern banyak yang menggunakan madu.  Cobalah anda minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat meredakan batuk.

7. Daun sirih

Daun sirih dapat menyembuhkan batuk caranya yaitu ambil daun sirih sekitar 5 lembar saja, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Rebus hingga mendidih dengan air, angkat dan saring, minum kira-kira satu sendok makan sebanyak sehari 3 kali.

Demikian 7 tips ampuh mengobati batuk tanpa obat, jika batuk anda tidak kunjung sembuh baiknya anda hubungi dokter terdekat, mungkin ada penyakit lainnya. Terimakasih semoga informasi diatas bermanfaat.

Baca juga:

5. cara tepat tangani diare pada anak
6. 7 tips ampuh mengobati batuk tanpa obat
7. cara ampuh menghilangkan bau mulut
8. 7 cara alami mengobati sariawan
9. 5 bahaya akibat kebiasaan menggigit kuku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef