7 Tips Ampuh Mengatasi Masalah Dalam Rumah Tangga

Setiap pasangan pasti ingin memiliki keluarga yang harmonis, rumah tangga yang  tidak didera masalah, konflik dan lain sebagainya yang bisa menimbulkan permasalaha yang mungkin berakhir dengan hancurnya suatu rumah tangga. Namun dalam kenyatannya suatu kehidupan rumah tangga tak pernah lepas dari berbagai konflik dan masalah, jika kalian tidak pintar-pintar dalam mengahadapi masalah ini, bukan tak mungkin rumah tangga kalian akan berantakan.

Permasalahan dalam rumah tangga disebabkan dari berbagai faktor, seperti perbedaan pendapat yang saling tak mau mengalah, keadaan ekonomi yang buruk, perselisihan, ego tinggi, pertengkaran, perselingkuhan dan berbagai faktor lainnya. Kali ini saya akan membantu kalian yang mungkin sedang mengalami masalah dalam rumah tangga kalian. Berikut Tips ampuh mengatasi masalah dalam rumah tangga.

1. Ingat komitmen yang sudah disepakati bersama sebagai pasangan

Setiap kehidupan rumah tangga tak akan pernah lepas dari yang namanya masalah. Masalah yang terjadi kadang begitu berat sehingga membahayakan stabilitas hubungan suami istri. Disini anda harus menyadari bahwa masalah akan selalu ada dalam hidup dan ingatlah komitmen yang dulu pernah disepakai untuk hidup bersama baik senang maupun duka. Jangan karena masalah yang menimpa anda jadi lupa dengan komintmen anda sendiri. 

2. Bicarakan masalah dalam suasana yang pas

Anda punya masalah, suami anda juga punya masalah dan semua orang juga punya masalah. Disini anda harus pandai dan tahu kapan anda harus mengungkapkan masalah yang anda miliki atau kapan anda harus menundanya. Perhatikan kondisi pasangan anda sebelum and menceritakan masalah anda, jika pasangan anda sedang dalam keadaan stress, depresi, baiknya anda mengungkapkan maslah anda ketika kondisi pasangan anda sudah membaik.

3. Kontrol emosi

Yang paling penting dalam menghadapi masalah dalam rumah tangga yaitu kontrol emosi. Ketika anda dihadapkan dengan masalah rumah tangga jangan sampai emosi menguasai diri anda, karena disaat emosi, orang tidak akan bisa mengambil keputusan ataupun solusi yang terbaik. Emosi yang tidak terkotrol bisa mengakibatkan diskusi yang awalnya baik-baik saja menjadi pertengkaran yang hebat. Jika anda sudah mulai emosi baiknya anda mengakhiri pembicaraan, hal ini lebih baik anda lakukan dari pada nantinya anda mengungkapkan kata-kata atau perlakuan yang bisa menyakiti pasangan ataupun anggota keluarga anda sendiri.

4. Minta bantuan orang ke tiga

Baiknya permasalahan rumah tangga harus anda selesaikan sendiri dengan pasangan anda, namun jika semua itu sudah tidak memungkinkan anda bisa minta bantuan orang ketiga untuk membantu menyelesaikan permasalahan rumah tangga kalian, seperti orang tua atau minta nasehat psikolog.

5. Cari jalan tengah

Ketika anda bertenggar dengan istri atau suami anda,  baiknya anda ambil jalan tengah dimana jalan tersebut saling menguntung kedua belah pihak, bukan anda mementingkan ego anda sendiri, cari tahu akar permasalahan kemudian cari solusinya.

6. Biarkan cinta berbicara

Maksutnya biarkan cinta berbicara yaitu ingatlah bahwa kalian berdua saling mencintai tak tak mau kehilangan. Gunakan rasa cinta tersebut untuk membantu mengatasi masalah yang sedang menimpa. Disaa kalian bertengkar baiknya kalian ingat dimana saat kalian bahagia bersama, disaat pacaran disaat awal nikah dan lain-lain. Berhubungan intim juga dapat mengatasi masalah yang mendera kalian berdua. Rasa cinta merupakan kekuatan yang paling dasyat yang bisa digunakan untuk menghidari pertengkaran dan memperkuat bahtera rumah tangga.

7. Nada suara

Ketika rumah tangga anda sedang dihadapi masalah, anda juga harus mengontrol nada suara anda, karena orang yang sedang didera konflik sangatlah senditif, mungkin maksut anda baik, namun bila disampaikan dengan nada yang keras, pasangan anda akan mengangganya suatu serangan, dan pastinya akan menimbulkan pertengkaran. Hindarilah nada suara yang tinggi. Untuk para istri jangan mencerca suami dengan berbagai pertanyaan. Bicarakan semuanya dengan dengan dan beri jeda juga kesempatan untuk berfikir juga berbicara.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef