7 Tips Ampuh Melawan Kebencian

Dalam kehidupan ini tak pernah lepas yang namanya konflik dan permasalahan. Konflik ini terkadang membuat kita marah dan stress hingga menaruh dendam kepada orang yang berkonflik terhapad kita. Ada beberapa yang menyebabkan konflik antara orang satu dengan orang lainnya, bisa dikarenakan karena perbedaan pendapat dan saling tak mau mengalah, terjadi perebutan sesuatu entah itu barang cewe atau cowo yang menimbulkan konflik berkepanjangan, atau ada orang lain yang iri dengan anda dan mencoba menjatuhkan anda dengan berbagai cara. Dalah konflik ini pasti akan memunculkan berbagai kata-kata kotor, pertikaian, kebencian, dendam, bahkan hingga berkelahian fisik.

Dalam kehidupan ini kita harus terbuka, siapapun boleh masuk dalam kehidupan kita, ada yang baik dan ada yang buruk. Semua orang tidaklah memiliki karekter yang sama, terkadang memang bawaan dari lahir ada orang yang memiliki watak keras dan sering membuat orang lain sakit hati, diapun selalu tanpa merasa bersalah dengan apa yang telah dia lakukan, atau ada konflik lainnya entah dari sahabat teman kantor atau bahkan dari keluarga sendiri, terkadang karena konflik tersebut membuat hubungan antara orang yang berkonflik tidak harmonis dan terkadang muncul rasa benci terhadap lawannya. Bagaimana untuk mengatasi hal ini.


1. SABAR

Sabae adalah cara yang paling ampuh untuk melawan kebencian. Anda harus sabar dalam menghadi konflik atau permasalahan yang sedang mendera anda, karena setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada orang yang suka membuat keributan, ada orang yang suka menjaili orang lain, ada orang yang hobinya marah-marah. Untuk menghadapi itu semua anda harus tetap sabar supaya kebencian pada diri anda tidak muncul.

2. Tidak Membalas

Sejahat apapun orang itu kepada anda, sebaiknya anda tidak membalasnya. bila ada orang yang mengatakan kata-kata kasar kepada anda, anda tek perlu mebalasanya, karena jika anda membalasanya bagaikan api yang ditambah dengan api, akan semakin berkobar-kobar. Dengan anda tidak membalasnya akan membuat hati anda lebih tenang.

3. Tetaplah santai

Berbagai kritikan tajam ditujukan kepada anda, ibarat pukulan keras  dihantamkan kepada anda. Namun anda harus tetap menanggapinya dengan santai tak perlu emosi, karena tidak semua kritikan itu bersifat menjatuhkan, anggap kritikan itu untuk membangun diri anda agar lebih baik.

4. Berfikir positif

Ketika bertikai dengan orang lain kita haruslah berfikir positif, ambil sisi positifnya, mungkin karena memang anda yang salah atau bagaimana. Dan ketika anda di kritik pedas, anda juga tak usah langsung marah dan emosi terhadap orang yang mengritik anda tersebut. Anda ambil saja sisi positifnya karena kritikan tersebut memberikan masukan untuk diri anda sendiri yang pasti bermanfaat untuk anda, walaupun terkadang penyampainya tidak mengenakan hati.


5. Musuh adalah kawan yang sangat jujur

Beruntunglah jika kalian mempunyai musuh, karena hanya musuhlah yang berani mengatakan secara terang-terangan kelemahan, kekurangan, keburukan anda dan itupun tak tanggung-tanggung dalam mengatakannya, semua keburukan anda pasti akan di ungkapkan semuanya. Hal ini terkadang membuat kita saki hati namun dibalik itu semua anda akan tahu dimana letak kelemahan dan keburukan anda selama ini. Dan anda juga bisa berintropeksi diri dari hal tersebut.

6. Manusia ada yang baik juga ada yang jahat

Semua manusia tidak memiliki sifat yang sama, mereka ada yang baik terhadap anda ada pula yang jahat kepada anda. Jika ada banyak orang yang mencintai anda, jangan lupa pastinya juga ada banyak orang yang membenci anda pula dengan berbagai alasan. Dengan memahami yang demikian ini anda tidak akan merasa sombong ketika dicintai banyak orang, dan anda tidak akan terlalu terpukul ketika dibenci seseorang karena anda menyadarinya, ada orang baik dan ada orang jahat.

7. Memaafkan orang lain sebelum minta maaf.

Untuk menghilangkan rasa benci anda. Anda hanya perlu memaafkan  kesalahan orang lain, walaupun orang tersebut sudah mencacimaki diri anda. Dengan memaafkan orang tersebut hati anda akan jauh lebih tenang dan tentram jika anda berfikir untuk membalasnya di kemudian waktu, hal itu akan membuat anda tidak tenang dan rasa benci dalam diri anda akan terus menggebu-gebu.

Kebencian adalah penyakit yang ada didalam hati, Makanya sering disebut penyakit hati. Demikianlah 7 tips ampuh untuk melawan kebencian, semoga tips tersebut bermanfaat untuk anda dan terimaksih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef