7 Sebab Keputihan Dan Cara Mengatasinya

Keputihan adalah salah satu penyakit yang diderita oleh wanita. Keputihan menjadikan wanita jadi khawatir, hal ini dikarenakan wanita menjadi tidak nyaman, gatal dan bau pada organ kewanitaannya. Dan bila keputihan terjadi pada wanita yang sudah menikah, akan menurunkan rasa percaya diri dan bisa berdampak pada ketidak harmonisan rumah tangga mereka.

Bagi anda para wanita tak perlu terlalu mengkhawatirkannya karena keputihan bisa dicegah dengan mengenali penyebab-penyebab keputihan, dan jika anda sudah terlanjur menderita keputisan, kami juga akan memberikan cara mengatasinya. Berikut 7 sebab terjadinya keputihan pada wanita.


1. Kadar gula dalam darah tinggi

2. Bertempat tinggal di daerah tropis dengan suhu yang lembab

3. Terjadinya ketidak seimbangan pada hormon dan rusalnya keseimbangan pada biologis dan kadar keasaman atau PH disekitar daerah kewanitaan.

4. Sering bergonta ganti handuk atau celana dengan orang lain, dan kurang atau tidak menjaga kebersihan daerah kewanitaan, atau stress juga tidak mengganti pembalut saat menstruasi.

5. Memakai sabun sembarangan ketika membasuh atau membersihakn daerah kewanitaan, juga bisa dari pola hidup yang tidak sehat, seperti makan tidak teratur, tidak pernah olah raga dan kurang tidur.

6. Timbulnya penyakit tertentu, hal ini bisa disebabkan karena penggunaan pakaian yang ketat atau sering menggunakan WC yang kotor.

7. Sering menggunakan tisu saat membasuh bagian kewanitaan ketika selesai buang air kecil dan besar serta salah saat membersihkan atau membilas miss V dengan arah yang salah yaitu dari anus ke depan.

Itulah 7 penyebab keputihan anda bisa menghindari keputihan dengan mengetahui penyebab keputihan tersebut, namun jika anda sudah terlanjur menderita keputihan. Anda harus membaca juga cara mengatasinya.

 Berikut cara mengatasi keputihan.

1. Gunakan pembalut yang tepat

Pembalut berfungsi untuk menyerap darah agar tidak meleh kemana-mana saat wanita menstruasi. Tapi anda juga harus berhati-hati dalam memilih pembalut, karena salah memilih pembalut akan menyebabkan keputihan. Pilihlah pembalut dengan bantalan berkualitas, mengandung kandungan herbal dan gantilah pembalut setiap 4 jam sekali.

2. Menjaga kelembapan Miss. V

Menjaga kelembapan miss V merupakan pencegahan awal terjadinya keputihan. Anda harus menjadi kelembaban juga keasaman miss V, keasaman miss V yaitu 3,5. Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dapat disebabkan karena tingkat keasaman yang tinggi dan bila dibiarkan kemungkitan akan terjadi nyeri pada bagian kewanitaan.

3. Bersihkan Miss V dengan tepat

Cara membersihkan miss V yang benar yaitu dengan cara  dari arah depan ke belakang, hal ini untuk menghindari kuman yang menempel di anus ke miss V. Dan bersihkanlah Miss V secara teratur.

4. Daun sirih

Daun sirih dipercaya dapat mengurangi rasa gatal dan bau saat keputihan, Caranya, rendam daun sirih selama satu jam dalam air panas, alalu diamkan hingga dingin. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk membasuh daerah daerah kewanitaan, Lakukanlah secara teratur pagi dan sore hari.

5. Kulit pohon ara atau pohon beringin

Digunakan sebagai semprotan untuk saluran daerah kewanitaan yang terbuat dari rebusan kulit beringin dan pohon ara ayng efektif dalam mengobati keputihan. Caranya ambil satu sendok makan masing-masing serbuk kulit kedua pohonn tersebut kemudian rebus dengan air sebanyak 1 liter hingga airnya berkurang setengahnya. Kemudian semprotkan atau bercikan dengan rebusan air hangat akan menjaga sauran oragan kewanitaan tetap sehat.

6. Biji buah mangga

Biji bauh mangga dipercaya ampuh dalam mengatasi keputihan. Caranya keringkan dan giling biji buah mangga untuk dibuat bubuk. Tambahkan sedikit air bubuk ini untuk membuat pasta halus, oleskan pasta ini diluar dan di dalam saluran organ kewanitaan untuk mengobati keputihan.

7. Bawang putih

Bawang putih mempunyai kasiat dalam kesehatan, bawang putih memiliki sifat anti bakteri, anti kulat, dan anti virus memungkinkan untuk menghambat perkembangan bakteri, jamur atau virus. Dengan memperbanyak mengkonsumsi bawang putih akan membantu anda mengatasi keputihan.

8. Hindari stress

Strees yang berlebihan juga bisa mengakibat keputihan. Anda haru menghindarinya dengan cara hidupp teratur, lakukan olah raga seminggu 2 kali. Konsumsi juga makanan yang sehat.

Demikianlah Infromasi tentang sebab terjadinya keputihan dan cara mengatasinya. Semoga setelah anda membaca ini anda akan tahu apa sebab keputihan dan cara mengatasinya. Terimakasih semoga artikel tersebut bermanfaat.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef